Bantu Pengairan Sawah, Pemnag Tanjung Burulak Rencanakan Pembangunan Embung

0
273
Sekretaris Nagari Tanjung Barulak Syahrul Hussen, SH (kiri) menyerahkan Dokumen RKP kepada Camat Tanjung Emas Zulkifli

SABANA KABA, Tanah Datar—Pemerintah Nagari (Pemnag) Tanjung Barulak Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Datar merencanakan membangun embung, terutama dalam membantu pengairan sawah masyarakat di sekitar lokasi pembangunan embung tersebut.

BACA JUGA : Buka Objek Wisata Terpendam, Walnag Gusrial Buka Jalan ke Sapan Mandidiah

“Kedepan, kita merencanakan membangun embung di Sawah Gadang Jorong Pintu Rayo Nagari Barulak, dengan memanfaatkan dana desa,” kata Wali Nagari Tanjung Barulak diwakili Sekretaris Nagari Syahrul Hussen, SH ketika membuka secara resmi Musrenbang Nagari Tanjung Barulak di gedung KAN setempat, Kamis (22/09/2022).

Menurut Seknag Syahrul, terkait dengan lahan yang bakal dijadikan embung ini boleh tidak ada masalah dalam pembebasan tanah, karena tanah yang bakal dibanfun tersebut merupakan tanah Nagari Tanjung Barulak.

“Embung yang bakal dibangun ini, selain untuk pengairan sawah masyarakat juga bisa dijadikan untuk arena tempat memancing ikan serta tempat berwisata, sesuai dengan rencana pengembangannya kedepan,” tambah Syahrul.

Sementara itu Kepala Dinas PMD PPKB Tanah Datar diwakili Narti menjelaskan, Musrenbang pada dasarnya menghasilkaan 2 dokumen masing-masing RKP dan DU RKP. RKP untuk kegiatan yang kewenangan di nagari, dianggarkan dalam APB Nagari dilaksanakan tahun 2023.

“DU RKP usulan kegiatan yang bukan kewenangan nagari, ini bahan untuk Musrenbang tahun 2023 untuk perencanaan pembangunan tahun 2024,” tutur Narti.

Lebih jauh Sekretaris Dinas PMD PPKB mengatakan, Musrenbang merupakan wadah bagi masy dalam menyampaikan usulan pembangunan, diharapkan akhir September 2022 hendaknya Pernag RKP telah selesai. Kemudian, paling lambat tanggal 10 Oktober 2022 Pernag RKP telah sampai di PMD PPKB untuk di klarifikasi.

“RKP yangg telah di kalrifikasi oleh PMD PPKB akan menjadi acuan nagari dalam menyusun APB Nagari tahun 2023. Tanggal 31 Desember 2022, APB Nagari tahun 2023 telah disyahkan,” lanjut Narti. Musrenbang ini juga dihadiri Forkopinca Tanjung Emas, Utusan OPD, Kepala UPT dan undangan laiinnya.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here