Bupati Tuntut Profesionalisme, Kadis Pertanian Laporkan Kekurangan Penyuluh

0
226

Batusangkar, Prokopim – Bupati Tanah Datar Eka Putra minta Penyuluh Pertanian sebagai garda terdepan dalam melaksanakan program pertanian di Tanah Datar harus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), terutama dalam mencapai penyuluh yang profesional.

BACA JUGA : Diduga Lakukan Ilegal Drilling, 14 Warga dan BB pada Dua Lokasi Diamankan Polisi

“Pelaksanaan penyuluhan telah berjalan sejak lama, namun profesionalisme kurang berkembang, SDM harus ditingkatkan melalui pelatihan-pelatihan ataupun dengan penambahan jumlah penyuluh,” kata Bupati Eka Putra, di kegiatan Silaturahmi bersama DPD Perhiptani di Talago Biru Nagari Atar Kecamatan Padang Ganting, Rabu (22/6/2022).

Dikatakan Eka, ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian dan Kehutanan dimana penyuluh pertanian dituntut lebih profesional dalam menghadapi tantangan pembangunan pertanian. Disinilah peran Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani).

“Perhiptani sebagai organisasi profesi diharapkan membantu pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan proses pembelajaran agar mampu meningkatkan SDM, terutama dalam memanfaatkan teknologi digital yang ada di handphone pintar,” katanya.

Ditambahkan Eka, peningkatan kualitas dan kuantitas serta SDM penyuluh sangat dibutuhkan karena dari 10 Program Unggulan (Progul) Tanah Datar, ada 4 program yang dilaksanakan di Dinas Pertanian.

Sementara Plt. Kepala Dinas Pertanian Sri Mulyani mengatakan, Dinas Pertanian Tanah Datar saat ini membutuhkan 90 Penyuluh Pertanian.Saat ini sudah ada 74 tenaga penyuluh pertanian, terdiri dari 39 PPPK yang diangkat tahun 2020 lalu, 34 PNS serta 1 orang THL yang Insya Allah saat ini sedang menyiapkan bahan kelengkapan untuk diangkat menjadi PPPK.(WD)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here