DPRD Tanah Datar Sahkan Perda Pertanggunggjawaban Pelaksanaan APBD 2017

Batusangkar, (SK)—DPRD Tanah Datar kembali menggelar Rapat Paripurna, kali ini agendra sidang berupa penyampaian Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi terhadap Ranperda tentang Pertanggungan Jawaban Pelaksanaan APBD Tanah DatarTahun 2017 sebelum ditetapkan menjadi Peraturan Daerah, di ruang rapat utama, Selasa (31/ 7).

Rapat Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua Irman didampingi Saidani ini dihadiri Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Hardiman, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Kabag dan Kepala OPD, Camat dan Walinagari serta pimpinan partai, ormas dan tokoh masyarakat.

Sebelum Ranperda Pertanggungan Jawaban Pelaksanaan APBD Tanah Datar Tahun 2017 ini ditetapkan untuk dijadikan Peraturan Daerah, Bupati Irdinansyah mendengarkan penyampaian pendapat akhir 9 fraksi yang ada di DPRD Tanah Datar.

Pendapat Akhir fraksi Hanura dengan juru bicara Haekal, fraksi Golkar dengan juru bicara Junaidi, fraksi Demokrat dengan juru bicara Nurhamdi Zahari, fraksi Gerindra dengan juru bicara Afrizal, fraksi PDI Perjuangan dengan juru bicara Afriman, fraksi PKS dengan juru bicara Istiqlal, fraksi PAN dengan juru bicara Alimuhar, fraksi PPP dengan juru bicara Arianto dan fraksi Bintang Nasdem dengan juru bicara Rasman.

Fraksi PPP melalui juru bicara Arianto mengatakan Fraksi Partai Persatuan Pembanguan melihat secara umum realisasi PAD tahun 2017 belum semua mencapai target dari yang kita harapkan, karena masih banyak kelemahan yang ditemui dalam pelaksanaan.

Untuk itu setiap urusannya kami berikan catatan penting sebagai pertimbangan untuk Pemerintah Daerah, terutama untuk PAD tahun 2018, Fraksi PPP meminta kepada Pemerintah Daerah untuk lebih mematangkan perencanaan dan penyusunan APBD dan mengoptimalkan pengelolaan dan pengawasan keuangan daerah serta meningkatkan pemantauan dan evaluasi terhadap satuan kerja.

“Pelaksanaan APBD bisa lebih terarah dan terealisasi sesuai visi, misi dan RPJMD Kabupaten sesuai target yang diharapkan untuk kemanjuan Tanah Datar,” tambahnya.

Fraksi PPP juga minta pemerintah daerah segera menentukan nasib tenaga honorer, perawat dan sukarela yang ada di pukesmasse Tanah Datar dan menjelaskan kepada masyarakat mengenai vaksin MR karena menurut MUI belum bisa membedakan vaksin tersebut halal atau haram.

Selain menyetujui Ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2017 untuk menjadi Perda, Fraksi-fraksi DPRD Tanah Datar di kesempatan juga menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja Bupati dan jajarannya dengan berhasil meraih beberapa penghargaan ditingkat Provinsi maupun Nasional.

Sebelumnya Bupati dalam laporannya menyampaikan beberapa hal terkait perkembangan keuangan tahun 2017 dan hasil program pembangunan. Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) ditargetkan Rp166.564. Milyar dengan realisasi sebesar Rp172.788 milyar atau naik 103,74%.(Mit/WD) by

Admin SabanaKaba

Recent Posts

Peredaran Gelap Sabu Masih Marak, Polisi Tangkap Tiga Terduga Pelaku dalam Satu Hari

SABANA KABA, Pasbar—Satuan  Reserse Narkoba Polres Pasaman Barat dalam satu hari meringkus tiga  pelaku peredaran…

1 hari ago

Pilkada Tanah Datar Bakal Ramai, Dodi Hendra Pasang Baliho Raksasa di Pusat Kota Batusangkar

SABANA KABA, Tanah Datar—Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Tanah Datar yang akan digelar bulan Nopember 2024…

2 hari ago

Ditemukan Simpan Sabu-Sabu, Jajaran Satres Narkoba Polres Tanah Datar Tangkap Tiga Pelaku

SABANA KABA, Tanah Datar--Jajaran Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Tanah Datar menangkap 3 orang laki-laki…

2 hari ago

Hadiri Halal bi Halal PDAM Tirta Alami, Bupati Eka Putra Sebut Pelayanan Terbaik Raih Top BUMD

SABANA KABA, Tanah Datar--PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Tirta Alami Tanah Datar menggelar acara halal…

2 hari ago

Terbaliknya Bus ALS di Malalak, Ini Pengakuan Sopir Cadangan kepada Polisi

SABANA KABA, Sumbar--Polda Sumatera Barat mengimbau sopir bus PO ALS yang kabur usai mengalami kecelakaan…

2 hari ago

Diduga Tak Kuasai Medan Jalan, Daihatsu Xenia Terjun Masuk Sawah di Pandai Sikek

SABANA KABA, Tanah Datar--Satu unit kemdaraan minibus jenis Daihatsu Xenia dengan Nopol BA 1639 PB…

2 hari ago