Legislator Jonnedi : Peningkatan Kesejahteraan Rakyat Tak Bisa Simsalabin

0
974

Sabana Kaba, Tanah Datar—Ketua Fraksi Gerindra DPRD Tanah Datat Jonnedi, SE,MM mengatakan, menciptakan peningkatan kesejahteraan masyarakat itu tidak bisa hanya dengan simsalabin, tetapi harus terencana dan terealisasi dengan baik, tanpa mengabaikan azas manfaat dan azas keadilan.

Baca juga : Peristiwa Menyedihkan, Penebang Kayu Tewas Diatas Pohon

Hal tersebut dikemukakan Legilator Jon Kompol, ketika memberikan sudut pandang anggota dewan dalam acara Musrenbang Kecamatan Lintau Buo Utara di aula kantor camat setempat, Rabu 26 Februari 2020.

Dikatakan, untuk menghasilkan perencanaan dan pelaksanaan yang bagus itu tentu harus didukung pula oleh pejabat dan staf yang profesional, sehingga apa yang dibutuhkan masyarakat dapat terpenuhi sesuai dengan yang telah direncanakan.

“Kalau saya jadi Bupati, saya tidak akan melantik Kepala Dinas Impor, bagaimana ia akan merencanakan dan melaksanaan dengan baik, jika yang bersangkutan tidak mengerti kondisi daerah Tanah Datar,” kata Jonnedi yang dalam kesempatan itu didampingi oleh Nurzal Chan dan Asrul Jusan.

Ia juga meminta kepada wali nagari agar memberdayakan Bumnag (Badan Usaha Milik Nagari), terutama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan catatan pengelolanya harus yang profesional, karena jika menggunakan uang Kementerian BUMN harus dikelola dengan benar, jika tidak bisa berurusan dengan pihak penegak hukum.

Sementara Camat Lintau Buo Utara Zulkifli, S.Sos usai membuka secara resmi Musrenbang, menyampaikan paparan seputar pelaksanaan anggaran 5 nagari di kecamatan Lintau Buo Utara tahun 2019, rencana penggunaan anggaran tahun 2020 serta rencana pembangunan tahun anggaran 2021 kedepan.

APB Nagari dari lima nagari di Kecamatan Lintau Buo Utara tahun 2019 sebesar Rp.20.167.838.419,- dapat direalisasikan sebesar Rp.13.406.000.753,- sehingga terdapat Silpa (Sisa lebih penggunaan anggaran) sebesar Rp.6.761.837.666,- atau sekitar 34 persen.

Camat Zulkifli selanjutnya mengatakan, berdasarkan Pra Musrenbang Kecamatan Lintau Buo Utara tanggal 20 Februari 2020, telah disepakati 10 prioritas bidang fisik dan prasarana, 10 prioritas bidang ekonomi serta 10 prioritas bidang pemerintahan dan sosial budaya.

Ketua Muarembang Tanah Datar diwakili Kepala Dinas Sosial dan PPA Yuhardi memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Kecamatan Lintau Buo Utara yang telah membuat perencanaan secara transparan, ditayangkan menggunakan power point dengan media infocus, dicetak bewarna serta dibagikan kepada peserta Musrenbang.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here