Silinduang Bulan Baralek Gadang, SM.Farid Dinobatkan Jadi Raja Alam Minangkabau

0
2371

Sabana Kaba, Pagaruyung—Dr.Sutan Muhammad Farid Thaib Tuangku Abdul Fatah dinobatkan menjadi Raja Alam Minangkabau Pagaruyung Darul Qoror menggantikan Daulat Yang Dipertuan Sutan Muhammad Taufik Thaib Tuanku Maharajo Sakti yang mangkat beberapa waktu lalu, di Istano Silinduang Bulan di Pagaruyung, Sabtu (29/9)

Kegiatan Baralek Gadang (Pesta Akbar) di IstanoSilinduang Bulan ini berlangsung selama tujuh hari tujuh malam, agenda pengulangan sejarah lama, setelah 200 tahun tidak terselenggara di kerajaan Minangkabau Pagaruyung. Terakhir prosesi adat terbesar itu dilaksanakan 200 tahun silam saat penobatan Raja Pagaruyung yang ke XI yaitu Tuangku Abdul Fa

Ketua Pantia Fadlan Maalip Tuanku Bosa XIV Talu Pasaman mengatakan Jum’at (28/9), Agenda ini telah berlangsung sejak hari Minggu 23 September 2018, diantaranya diawali dengan menjemput Unggun-Unggun ke rumah isteri Almarhum Daulat Yang Dipertuan Sutan Muhammad Taufik Thaib Tuanku Maharajo Sakti di Tigo Batua Nagari Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab.

Kemudian dilanjutkan dengan menjemput Dr.Sutan Muhammad Farid Thaib ke rumah Isterinya di Bukit Tinggi, untuk memohon izin dibawa ke Istano Silinduang Bulan di Pagaruyung, karena sesuai dengan adat Minang Kabau, lelaki kalau sudah berkeluarga tinggal ditempat isteri.

Pada hari ketiga, keempat dan hari kelima agenda menerima keluarga dan dunsanak sapiahbalahan, kuduang karatan, kapak radai dan timbang pacahan dalam prosesi maantatandoputiah hati, tandoputiah hati berupa keperluan dapur untuk helat besar tersebut.

“Hari kelima juga dilaksanakan membantai dua ekor dari lima ekor kerbau yang tersedia. Pada hari keenam mendirikan palanta serta berbagai persiapan alek, untuk hari “H” Sabtu 29 September 2018,” kata Tuanku Bosa XIV didampingi Puti Reno Raudatul Jannah Thaib menjelaskan.

Dalam Pesta terakbar sepanjang tahun 2018 ini akan dihadiri Gubernur, Forkopimda Provinsi Sumatera Barat, raja-raja dan sultan se Nusantara, seluruh raja-raja Sapiahbalahan, Bupati dan Walikota se Sumbar, niniak mamak, tokoh masyarakat serta berbagai pihak terkait lainnya.

Pada Sabtu tersebut akan dipasangkan deta berhiasan Mangkuto Nago Kula Kamar atau Ular Naga Berkepala Dua kepada Raja Alam Minang Kabau Pagaruyung Darul Qoror yang baru Dr.Sutan Muhammad Farid Thaib Tuangku Abdul Fatah, melalui prosesi adat yang telah disiapkan sedemikian oleh Panitia Pelaksana. Bersamaan dengan itu, 11 Datuak, 5 Dubalang dan 2 Malin dilingkungan Istano Silindua Bulan juga dilewakan.

Terkait berbagai kebutuhan untuk acara itu, kata Tuangko Bosa, Istano Silinduang Bulan tidak banyak menanggung beban biaya karena berbagai kerabat kerajaan dari berbagai daerah bahu-membahu membantu berbagai kebutuhan tersebut untuk kebutuhan konsumsi, akomodasi dan berbagai kelengkapan lainnya.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here