Terkait Pelaksanaan AKB, Wawako Zohirin Sayuti Minta ASN Patuhi Protokol Kesehatan

Sabana Kaba, Sawah Lunto–Wakil Walikota Zohirin Sayuti memantau hampir semua kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Sawahlunto untuk melihat tingkat kepatuhan ASN di kantor tersebut dalam menjalankan protokol kesehatan, sesuai dengan Peraturan Daerah Adaptasi Kebiasaan Baru (Perda AKB) pada jajaran ASN, Selasa (13/).

BACA JUGA : Covid 19 di Sumbar Mereda, Hari Ini 8 Daerah Masih Terkonfirmasi Positif

“Para ASN diharapka dapat menjadi pelopor di tengah – tengah masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan. Karena itu, maka sejak dari diri pribadi dan di kantor masing – masing, ASN harus membiasakan diri mematuhi ketentuan protokol kesehatan,” kata Wawako Zohirin Sayuti mengingatkan.

Dikatakan, Pejabat dan ASN harus bisa menjadi contoh dan panutan bagi masyarakat. Jika kita saja masih belum menjalankan protokol kesehatan, maka bagaimana kita bisa mencontohkan dan menyuruh masyarakat untuk melakukannya.

Berdasarkan Wawako Zohirin, semua kantor OPD yang dikunjungi telah menjalankan ketentuan protokol kesehatan dan sudah menyediakan sarana dan prasarana dalam menunjang penerapan protokol kesehatan itu. Hanya saja, di beberapa kantor ada yang perlu dimaksimalkan penggunaan thermogun atau alat pengukur suhu badan.

“Tadi sempat saya lihat, ada yang thermogunnya disimpan di laci. Itu berarti kan tidak digunakan maksimal sebagaimana mestinya. Tolong itu kembali digunakan dan dijalankan prosedurnya yakni setiap ASN atau pun tamu/masyarakat yang masuk semua dicek suhu tubuhnya,” kata Wawako Zohirin Sayuti.

Terkait jika ada ASN yang melanggar protokol kesehatan, Wawako Zohirin Sayuti mengingatkan agar ASN yang bersangkutan bisa dikenai sanksi Perda AKB dan sanksi disiplin selaku ASN.

“Kalau ASN melanggar protokol kesehatan ini, dapat dikenai sanksi sebagai pelanggar Perda AKB, kemudian sanksi disiplin kepegawaian. Ini upaya kita untuk menghindari adanya kluster perkantoran,” ujar Wawako Zohirin Sayuti menegaskan.

Dalam pemantauan penerapan protokol kesehatan di kantor – kantor OPD tadi itu, Wawako Zohirin Sayuti didampingi Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Jhon Hendri, Kepala Badan Kesbangpol dan BPBD Adriyusman, serta beberapa jajaran pimpinan OPD lainnya.

Usai pemantauan itu, Wakil Walikota Zohirin Sayuti juga sempat singgah ke 2 titik lokasi operasi yustisi pelanggaran Perda AKB di Desa Talawi Hilir.(WD)

Admin SabanaKaba

Recent Posts

Kelok Hantu Memakan Korban, Seorang Operator Excavator Meninggal Dunia Diterjang Arus

SABANA KABA, Tanah Datar--Seorang operator Excavator bernama Rasyid (55 tahun) yang sedang membersihkan material penyebab…

8 jam ago

Jangan Mimpi Bangun Pabrik Saos Tomat, Jika Tak Mampu Sediakan Lahan Penyangga

Oleh : WIRMAS DARWIS, SE Tomat termasuk tanaman buah-buahan yang banyak ditanam petani di Kabupaten…

13 jam ago

Lakukan Asusila Terhadap Pasien, Seorang Dokter Rumah Sakit Swasta Jadi Tersangka

SABANQ KABA, Sumsel--Polda Sumsel tetapkan Dokter MYD jadi tersangka Selasa (23/04/2024) terkait kasus asusila yang…

21 jam ago

Jumpa Masyarakat Bukit Gombak, Legislator Jefri Masrul Sosialisasikan Perda No.03 Tahun 2023

SABANA KABA, Tanah Datar—Amggota DPRD Provinsi Sumbar asal Tanah Datar Jefri Masrul, SE mensosialisasikan Perda…

1 hari ago

Cabuli Anak Tiri Dibawah Umur, Seorang Pria Bermental Bejat Ditangkap Polisi

SABANA KABA, Dharmasraya—Satreskrim Polres Dharmasraya menangkap seorang pria berinisial AR (34 tahun) Minggu (21/04/2024) sekitar…

2 hari ago

Peduli Kecerdasan Anak, Ketua DPRD Rony Mulyadi Bantu Alat Kelengkapan Posyandu

)SABANA KABA, Tanah Datar—Wakil Ketua DPRD Tanah Datar H.Rony Mulyadi, SE Dt.Bungsu menyerahkan bantuan kepada…

2 hari ago