DPRD Tanah Datar Kunjungi KASN, Rombongan Dapat Penjelasan Netralitas ASN

0
726

SABANA KABA, Jakarta–Komisi Aparatur Sipil Negara ( KASN ) minta masyarakat untuk melaporkan ASN yang terlibat politik praktis atau tidak netral terutama dalam menghadapi Pilpres, Pileg dan Pilkada tahun 2024 ini.

BACA JUGA : Berdayakan Masyarakat, Suir Syam Silaturrahmi dengan Ratusan Warga Batusangkar

“Laporkan ke KASN atau Banwaslu jika ada pejabat atau ASN yang terindikasi ikut dalam politik praktis dalam memenangkan salah satu calon atau Partai Politik tertentu, namun harus disertai dengan bukti dan data yang valid,” tegas Dr. Arie Budhiman M.Si anggota KASN Pokja Pengawasan Bidang Penerapan Nilai Dasar, Kodek Etik, dan Kode Perilaku ASN, dan Netralitas ASN, saat menerima kunjungan DPRD Tanah Datar di kantor KASN Jakarta, Kamis (31/08/2023),

Dr. Arie juga menekankan, saat ini pihak KASN telah melakukan kerja sama dengan sejumlah pihak terkait diantaranya, Kemenpan, Kemendagri, KPK, BPK serta Kekominfo dan BSSN, untuk menerapkan dan menjaga netralitas ASN terutama dalam menghadapi PEMILU 2024 ini.

“Sebenarnya sesuai UU No 5 tahun 2014 tentang ASN serta sejumlah Peraturan Pemerintah lainnya, sudah banyak larangan bagi ASN ini untuk ikut dalam kegiatan politik praktis ini, namun ternyata masih banyak ASN yang nakal dan tentunya akan berimbas bagi karir mereka kedepan nantinya,”ujarnya.

Sementara itu Ketua DPRD Tanah Datar, H. Rony Mulyadi yang didampingi Saidani SP dan Anton Yondra. SE. MM serta seluruh anggota komisi 1 dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kunjungan ke KASN ini dilakukan DPRD Tanah Datar untuk mendapatkan informasi yang pasti berkaitan banyaknya pengaduan dan temuan lapangan sehubungan dengan netralitas ASN ini.

Dengan adanya kejelasan ini DPRD akan lebih menguatkan fungsi pengawasannya serta mensosialisasikan kemasyarakat dan ASN berkaitan dengan netralitas ASN dalam Pemilu tahun 2024, sehingga nantinya tidak ada ASN yang menjadi korban akibat ketidak tahuannya.

Turut mendampingi Dr. Arie Budiman ini asisten Komisioner Pokja Pengawasan, Maria Ivonne, SP serta Agus Diyanto serta Auditor kepegawaian Randi Putra yang juga merupakan Putra Tanah Datar, saat menerima kunjungan DPRD Tanah Datar yang diikuti oleh seluruh Pimpinan dan anggota Komisi 1 DPRD Tanah Datar.

“Pada kesempatan tersebut juga dilakukan sosialisasi berkaitan dengan Koordinasi Pencegahan Perilaku ASN dalam Pilpres, Pileg dan Pilkada yang disampaikan secara langsung oleh para pejabat KASN pusat,” tutur Kabag Hukum dan Persidangan Syaiful, SH dan Pranata Humas Rahadian Rezinof, S.Sos via WA yang ikut mendampingi rombongan.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here