Kebakaran di Kumango Sungai Tarab, Satu Meninggal dan Satu Lagi Luka Bakar

0
1079

SABANA KABA, Tanah Datar, Peristiwa kebakaran kembali terjadi di Tanah Datar, satu orang dikabarkan meninggalndan satu orang lagi dalam kondisi luka bakar, ketika satu unit rumah semi permanen berbentuk huruf L terbakar Ukuran 15 x 6 Meter dan 6 x 9 Meter di Jorong Kumango Selatan, Nagari Kumango, Kecamatan Sungai Tarab, Rabu (03/05/2023)) Jam 22.40 WIB.

BACA JUGA : Longsor di Lintau, Satu Balita Meninggal dan Sejumlah Rumah Dalam Kondisi Rusak

Kepala Satpol PP dan Damkar Tanah Datar melalui Analis Kebakaran Muda Fauzi Arifin mengabarkan, korban meninggal seorang nenek bernama Syamsimar (90 tahun) yang menghuni rumah bersangkutan.

Fauzi menjelaskan, pada saat terjadi kebakaran, korban yang dalam keadaan lumpuh sempat dibantu cucunya Zal untuk menyelamatkan dari kobaran api, namun karena kejadian yang cukup cepat dan api yang sangat besar, usaha Zal terhenti ketika sampai di jendela, dan korban tertinggal di dalam rumah.

“Sementara Zal sendiri dalam petistiwa kebakaran tersebut mengalami luka bakar pada bagian tangan,” tambah Fauzi Arifin.

Sehari-hari korban Syamsimar tinggal di rumah dibantu oleh cucunya Zal dan Ardi, namun kalau malam, Ardi di rumah istrinya di Pasie Laweh Kecamatan Sungai Tarab dan Zal pada saat kejadian sedang berada di warung, sehingga kesulitan untuk menyelamatkan korban.

Asal api sendiri, menurut Fauzi Arifin, masih dalam penyelidikan pihak berwajib, karena masyarakat sekitar lokasi langsung melihat api sudah besar di lokasi. Di samping itu kondisi rumah semi permanen yang sudah berusia tua, dehingga sangat mudah dilalap si jago merah.

Kerugian diperkirakan sebesar Rp. 250,- Juta, dan ikut terbakar 2 unit sepeda motor, masing-masing 1 Unit Honda Supra keluaran tahun 2004 dan 1 unit Yamaha Vega R Tahun 2005. Pemadaman dilaksanakan dengan menurunkan 3 unit armada dari Batusangkar dan Posdam Salimpaung dengan personil keseluruhan berjumlah 18 orang.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here