Kembangkan Melon dengan Konsep Modren, SMK N 2 Batusangkar Lakukan Panen Raya

0
1108

SABANA KABA, Tanah Datar— Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan rasa bangga dan apresiasi kepada SMKN 2 Batusangkar, setelah sekolah tersebut mampu melakukan pengembangan tanaman melon dengan konsep modern dengan sistem green house.

BACA JUGA : Permudah Petani Olah Pertanian, Arkadius Dt.Intan Bano Serahkan Alsintan untuk 21 Kelompok Tani

“Saya bangga atas keberhasilan SMK Negeri 2 Batusangkar dalam mengembangkan bertanam melon dengan sistem Hidroponik Green House, tentunya keberhasilan ini menjadi contoh dan pilot project bagi SMK ataupun SMA di Sumbar maupun di Tanah Datar,” kata Bupati Eka Putra saat kegiatan Panen Raya dan Panen Karya di SMK Negeri 2 Bukit Gombak Kecamatan Lima Kaum, Kamis (14/12/2023).

Dikatakan, sektor pertanian menjadi salah satu sektor utama dalam menyokong perekonomian masyarakat, sehingga menjadikan sektor ini salah satu perhatian untuk terus di tingkatkan. Tahun 2024, kita akan membangun 19 green house yang tersebar di beberapa wilayah Tanah Datar, hal ini tentunya akan bisa disinergikan dengan apa yang telah dilakukan SMK Negeri 2 Batusangkar.

“Kesuksesan seperti hari ini bukanlah hal yang mudah untuk dicapai, butuh kerja keras dan komitmen pihak sekolah. Karena itu Saya menyampaikan apresiasi atas hal itu dan juga atas bantuan Farm Hill dibawah PT. Kebun Bumi Lestari atas bimbingan dan kerjasamanya,” ungkapnya.

Sebelumnya Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Batusangkar Budi Darmawan menyampaikan, pelaksanaan bertanam melon berkat dukungan Farm Hill dan juga Pemerintah Pusat, Provinsi serta Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

“Kita melaksanakan kerjasama dengan Farm Hill yang memberikan pelatihan bagi utusan siswa kami selama 6 bulan, sehingga mampu menjadi tenaga profesional untuk bertanam melon ini, sehingga sudah menjadi tenaga profesional,” terangnya.

Disampaikan Budi, untuk Panen Raya hari itu merupakan panen kedua kali setelah beberapa waktu lalu telah melaksanakan panen perdana. “Beberapa waktu lalu kita telah melakukan panen perdana dengan hasil 2,7 ton dan Alhamdulillah, berkat Farm Hill kita juga memasarkan melon ke Pekanbaru dan sekitarnya,” ungkapnya.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here