Legislator Arkadius Dt.Intan Bano : Konstribusi Masyarakat dalam Musnag Sangat Diperlukan

0
755

SABANA KABA, Tanah Datar–Anggota DPRD Sumbar Arkadius Dt.Intan Bano menegaskan, kontribusi dari seluruh unsur masyarakat sangat diperlukan sekali dalam Musnag atau Musyawarah Nagari, sehingga pembangunan Nagari Sungai Jambu ini betul-betul “tabusek” dari bumi atau orang bilang botton up, bukan tercurah dari langit.

BACA JUGA : Jelang Berakhir Masa Jabatan, Wali Nagari Gurun Ajak Warga Satu Suara dalam Musnag

“Oleh karena itu, saya berharap Musnag ini betul-betul bisa memberikan suatu jawaban dari rencana pembangunan tadi, karena dana pembangunan nagari bersumber dari APBNagari , APBN dan APBD Kabupaten Tanah Datar, apakah itu merupakan program dan kegiatan atau dari BKBK anggota DPRD,” kata Legislator Arkadius Dt.Intan Bano dalam Musnag Sungai Jambu Kecamatan Pariangan di gedung salah SDN Sungai Jambu, Senin (07/08/2023).

Dikatakan, selain itu bisa juga dalam bentuk program dan kegiatan propinsi, apakah itu berupa program BKBK (Bantuan Keuangan Bersifat Khusus) maupun berbentuk kewenangan Propinsi Sumatera Barat.

Arkadius menjelaskan, bantuqn untuk nagari itu yang pertama menyangkut dengan infrastruktur dalam bentuk pembangunan jalan lingkungan melalui Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan Propinsi Sumbar. Selanjutnya menyangkut dengan jalan usaha tani, baik itu menyangkut dengan persawahan, ladang ataupun usaha perkebunan. Terakhir berkaitan jaringan irigasi tersier atau irigasi cacing.

Sementara Anggota DPRD Budiman Dt.Malano Garang dalam kesempatan tersebut mengatakan, kelebihan menjadi anggota DPRD itu bisa membantu dalam jumlah besar, jika nagari butuh jalan lingkungan yang cukup panjang, mungkin tidak bisa dengan APB Nagari, tetapi melalui anggota DPRD sangat memungkinkan sekali.

“Yang jelas, bila kita seiya sekata membangun nagari dengan perkataan lain, tidak ada yang tidak mungkin kita kerjakan, asal dengan kebersamaan, artinya dalam membangun nagari ini, tetap menganut Basamo Mangko Manjadi,” tambah Budiman.

Ikut memberikan pencerahan Ketua Tim Fasilitasi Musnag Tanah Datar Edwar dan memberikan kata sambutan Wali Nagari Wilmen dan Ketua BPRN. Acara ini dihadiri Camat Pariangan Mulkhairi, Forkopinca dan undangan lainnya.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here