Lomba Posyantek dan TTG Berprestasi, Tim Provinsi Nilai Posyantek Mansiro Nagari Guguak Malalo

0
860
Anggota Kelompok Posyandu dan TTG Mansiro sedang memperagakan mesin perontok padi

SABANA KABA, Tanah Datar-– Posyantek  Mansiro, Nagari Guguak Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan dinilai tim dari provinsi Sumatera Barat pada lomba Posyantek (Pos Pelayan Teknologi) dan Teknologi Tepat Guna (TTG) Berprestasi, dipimpin langsung Sekretaris Dinas PMD Sumatera Barat Amriman. M, Rabu, (03/04/2024).

BACA JUGA : Peduli Kader PPKBJ dan Sub BPKBJ, Bupati Eka Putra Naikkan Uang Transportasi 50 Persen

Sekretaris Dinas PMD Amriman M. mengatakan, Kabupaten Tanah Datar merupakan daerah yang ke tujuh yang dikunjungi tim penilai pada lomba Posyantek dan TTG Berprestasi tahun 2024 Tingkat Sumbar. Posyantek yang terbaik nantinya akan mewakili Sumatera Barat pada perhelatan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara XXV 2024 di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Siapa yang menang nanti itu yang kirim ke Provinsi Nusa Tenggara Barat,” kata Amriman.M menambahkan.

TTG  merupakan suatu teknologi dan  peningkatan akses masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang tujuannya bisa meningkatkan ekonomi. Dakam penilaian ini, ada beberapa kriteria yang akan menjadi penilaian tim. Diantaranya kelembagaan dan organisasi, pelayanan informasi, kemandirian dana, pelatihan, pengembang TTG, penggunaan TTG oleh masyarakat.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan dr. Yesrita Zedrianis yang mewakili Bupati Tanah Datar, menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Tanah Datar mengucapkan selamat datang kepada tim penilai dalam rangka penilaian posyantek dan TTG.Diharapkan kunjungan tim penilai ke Tanah Datar menjadi motifasi bagi pemerintah daerah dan masyarakat khususnya bagi posyantek dalam pengembangan teknologi murah dan ramah lingkungan.

“Alhamdulillah berkat kekompakan pengurus Posyantek dan TTG dari berbagai tingkatan dan kalangan dapat mengantarkan Posyantek Mansiro mewakili Kabupaten Tanah Datar mengikuti lomba Posyantek berprestasi,” kata Kadinkes Yesrita.

Alat yang diproduksi Posyantek ini berupa alat perontok padi, alat pembelah dan pencongkel pinang, alat peracit kentang, sepeda air, alat perontok jagung dan lain-lain.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here