Tingkatkan Pendapatan Asli Nagari, Padang Magek Gelar Musbang dengan Perantau

0
237

SABANA KABA, Tanah Datar—Pemerintah Nagari Padang Magek Kecamatan Rambatan dalam waktu dekat akan menggelar Musbang (Musyawarah Pembangunan) dengan menghadirkan para perantau di seluruh Nusantara.

BACA JUGA : Hilang Bersepeda di Tepi Kanal, Balita Ini Ditemukan Sudah Meninggal Dunia

“Untuk membangun Nagari Padang Magek kedepan tak mungkin hanya mengandalkan dana APBD semata, tetapi harus dilakukan terobosan baru, melibatkan para perantau seluruh nusantara,” kata Wali Nagari Padang Magek Syafril Jamal kepada media ini di ruang kerjanya, Rabu (11/01/2023).

Dikatakan, kegiatan Musbang tersebut direncanakan akan digelar di SD Negeri 11 Nagari Padang Magek usai lebaran Idul Fitri 1444 H. Selain perantau, acara pembukaan direncanakan dihadiri Bupati dan Forkopimda Tanah Datar lainnya.

“Kita berharap sekitar 150 perwakilan perantau akan hadir dalam acara yang sejak 30 tahun terakhir tak pernah diadakan lagi,” kata Syafril Jamal yang mengaku tidak akan terlibat dunia politik buat sementara dan akan berkonsentrasi membangun nagari.

Dalam acara Musbang ini kita akan minta pemikiran para perantau untuk membangun nagari, termasuk menggali Pendapatan Asli Nagari, mengingat peran serta perantau sangat dibutuhkan sekali untuk membantu pendapatan asli nagari, sehingga kedepan tidak ada istilah tiap ada kegiatan minta bantuan perantau.

Menurut Syafril Jamal, ada beberapa agenda penting yang akan dibahas dalam acara Musbang tersebut.Pertama, kita berhar para perantau yang memiliki mobil diatas tahun 2010 dapat menyumbang sekitar Rp.250.000,- sesuai dengan kesepakatan nantinya.

Kemudian, kita juga merencanakan membuat buku nagari yang sangat bermanfaat untuk masyarakat nagari, baik itu dalam bentuk etika anak tethadap orang tua, seni budaya serta adat salingka nagari lainnya.

“Seandainya kedua rencana ini direspon baik perantau, kita akan buat Peraturan Nagari, sehingga apa yang dicetuskan ini tidak menyalahi aturan yang berlaku, mengingat pembuat buku ini akan dijual kepada masyarakat,” kata Wali Nagari Syafril Jamal mengakhiri.(WD)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here