Arkadius Dt.Intan Bano : Satu Nagari Satu Event Upaya Peningkatan Potensi Nagari

0
784

SABANA KABA, Tanah Datar—Anggota DPRD Sumbar Arkadius Dt.Intan Bano menilai Satu Nagari Setu Event merupakan suatu agenda Kabupaten Tanah Datar dalam rangka meningkatkan potensi-potensi di Nagari dan suatu hal yang strategis di era kepemimpinan Bupati Tanah Datar Eka Putra.

BACA JUGA : Pilwanag Padang Ganting Bakal Alot, Lima Putra Terbaik Ditetapkan Calon Wali Nagari

“Selama ini potensi ini ada yang sudah terlipat dan tersimpan, sekarang hal tersebut dikembangkan kembali dan merupakan satu icon kebanggaan bagi Kabupaten Tanah Datar,” kata Legislator Arkadius Dt.Intan Bano disela-sela berlangsungnya kegiatan Situmbuk Art and Culture di lapangan sepakbola setempat, Sabtu (19/08/2023).

Dikatakan, kegiatan yang ditampilkan tidak hanya berupa UMKM, tetapi juga berupa yang menyangkut dengan kuliner, kesenian dan budaya setempat, termasuk juga kegiatan-kegiatan generasi muda dalam bidang seni tari kolosal.

“Saya juga tidak tahu, di Situmbuk ini ternyata juga ada potensi yang bagus sekali bahwa telah tumbuh bakat seni berpidato, sehingga mendapatkan juara II Pidato Lingkungan di tingkat Nasional, termasuk juga lomba baca puisi tingkat Nasional,” kata Arkadius menambahkan.

Ia juga menyebut, di nagari-nagari di Tanah Datar ini juga memiliki banyak potensi, tidak hanya potensi alam, tapi juga potensi-potensi yang menyangkut dengan lingkungan, potensi-potensi menyangkut dengan pertanian, kesenian dan sebagainya.

“Inilah yang kami nilai secara keseluruhan sangat bagus dalam rangka membangkitkan kembali potensi-potensi nagari, karena itu kita harus memberikan dukungan secara bersama terhadap kegiatan Satu Nagari Satu Event,” katanya seakan ditujukan kepada Pemkab Tanah Datar yang dikemas melalui Dinas Parpora.

Terkait dengan pertunjukan Maanta Padi dan Mangubang, politisi dari Partai Demokrat ini mengatakan sebagai, suatu yang langka dipertunjukan di tempat lain. Kegiatan ini perlu dilestarikan, terutama sebagai jati diri bagi nagari bersangkutan.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here