Berjasa Terhadap Ranah Minang, Kapolda Sumbar Dianugerahi Gelar Kehormatan

0
1171

SABANA KABA, Tanah Datar–Kapolda Sumbar irjen Pol Teddy Minahasa Putra, SH, S.IK, MH dianugerahi gelar kehormatan oleh Pasukuan Piliang Nagari Pariangan Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar dengan gelar “Tuanku Bandaro Alam Sati”. Sementara isterniya Merthy Kushandayani Teddy juga dibeti gelar dengan Puti Sibadayu Alam

BACA JUGA : Curi Bahan Bangunan Senilai Rp.6,-Juta, Tiga Terduga Pelaku Ditangkap Polisi

Pemberian gelar ini berlangsung di Rumah Gadang Datuak Bandaro Kayo Nagari Pariangan Kecamatan Pariangan, Kamis Kamis (16/06/2022).

Gelar yang diberikan oleh Angku Datuak Bandaro Kayo Tampuak Tangkai Alam Minang Kabau Pasukuan Piliang ini  sebelumnya difasilitasi oleh LKAAM Tanah Datar dan LKAAM Sumbar, dengan pertimbangan yang bersangkutan telah banyak berjasa dalam pelaksanaan tugas di Ranah Minang.

Dari sejumlah pelaksanaan yang cukup berarti bagi masyarakat Sumbar berupa pembuatan MoU tentang Perkara Ringan ditengah-tengah masyarakat diselesaikan oleh ninik mamak (Restoratif Justice).

Prosesi kegiatan penganugerahan gelar ini diawali dengan pembacaan SK dari Pasukuan Piliang, kemudian dilanjutkan dengan pemasangan saluak oleh Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar, pemasangan keris oleh Angku Datuak Bandaro Kayo.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, S.IK, M.Si, Pejabat Utama Polda Sumbar, Bupati Eka Putra, Walikota Bukittinggi, Bupati 50 Kota, Wakil Wali Kota Padang Panjang, Kapolres AKBP Rully Indra Wijayanto, S.IK, M.Si, Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar, Bupati Tanah Datar (2005-215 Ketua LKAAM Tanah Datar H.Aresno Dt.Andomo,

Ketua LKAAM Tanah Datar H.Aresno Dt.Andomo dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kapolda irjen Pol Teddy Minahasa Putra, SH, S.IK, MH yang telah berbuat untuk kemaslahatan masyarakat Ranah Minang.

Senada dengan itu Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar usai dilewakan di Rumah Gadang .Datuak Bandaro Kayo mengatakan, usai acara ini akan dilanjutkan di Istano Basa Pagaruyung, bersamaan dengan Peringatan Hari Bhayangkara ke 76 tanggal 1 Juli 2022.

“Kegiatan ini merupakan sejarah baru bagi Bupati Tanah Datar, dimana ada Peringatan Hari Bhayangkara sekaligus menyebarluaskan gelar Tuangku Bandaro Alam Sati,” kata Fauzi Bahar menambahkan.

Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan, dengan diberikannya gelar “Tuanku Bandaro Alam Sati” berarti sudah menjadi dunsanak, mamak serta keluarga besar Minang Kabau. Dengan demikian, Ketek Banamo, Gadang Bagala, tidak lagi diberikan kepada warga Minang Kabau, tetapi juga kepada orang yang peduli terhadap masyarakat Minang Kabau.

Kapolda Sumbar irjen Pol Teddy Minahasa Putra, SH, S.IK, MH menyampaikan ucapan terima kasih atas pemberian gelar di Nagari Tuo Pariangan, namun itu bukanlah suatu prestasi tetapi merupakan kewajiban terhadap pelaksanaan tugas.

“Amanah ini Insya Allah akan saya jaga dengan sebaik-baiknya dan saya menyadari gelar bukan lah suatu yang ringan, tetapi harus dilaksanakan dengan keikhlasan dan ketulusan,” kata Teddy Minahasa Putra menambahkan.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here