Dua Hari Dibekali Pengetahuan, Peserta Pelatihan Pemandu Geopark ke Silokek

0
1332

Laporan : WIRMAS DARWIS, SE

SABANA KABA, Tanah Datar—Peserta Pelatihan Pemandu Geopark (Taman Bumi) se Kabupaten Tanah Datar praktek lapangan ke Geopark Silokek Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung, setelah dua hari mendapat ilmu pengetahuan di Emersia Hotel Batusangkar, Senin dan Selasa tanggal 27 dan 28 Juni 2022.

Para peserta Pelatihan yang berjumlah sekitar 40 orang, selain mendapat pembekalan seputar tata cara pemandu wisata di geopark juga diberikan untuk praktek lapangan dan, baik bagaimana memandu wisatawan di atas bus juga mendapat kesempatan praktek langsung dari pemandu Geopark Silokek dibawah pimpinan Ridwan.

Perjalanan panjang dan melelahkan dari Batusangkar ke Sijunjung serta jarak tempuh sekitar 16 KM dari ibukota Kabupaten Sijunjung seakan-akan hilang begitu saja, setelah sampai Geopark Silokek. Gerbang Selamat Datang dipintu masuk objek wisata taman bumi ini menjadi saksi jika para peserta Pelatihan Pemandu Geopark Tanah Datar dengan semangat tinggi siap menggali ilmu praktek lapangan.

BACA JUGA : Polisi Cendrung Manfaatkan Restorative Justice, Ini Penjelasan Kapolda Sumbar

“Peserta pelatihan sengaja kita turunkan di pintu gerbang ini agar dapat mengambil dokumentasi dan sebagai bukti bahwa Geopark Silokek yang selama ini terkenal sabana rancak tidak sekedar cerita belaka,” kata Ridwan sang Pemandu Geopark Silokek menyambut dengan ramah para tetamunya dari Luhak Nan Tuo.

Usai foto bersama didepan gerbang masuk, peserta Pelatihan Pemandu Geopark menikmati suasana nyaman dengan pepohonan rindang dikiri-kanan jalan sekitar 200 Meter. Kunjungan di Geopark Silokek diawali dengan memperkenalkan Ngalau Basurek.

“Ngalau Basurek merupakan goa pada batuan kars/ gamping yang unsur utamanya mengandung karbonat CaCo3 yang sangat reaktif terhadap larutan senyawa asam yang terdapat pada air (CO2) sehingga membentuk rongga-rongga,” tutur Ridwan dengan serius.

Selanjutnya, rombongan dari Tanah Datar kembali naik ke mobil menyusuri jalan di pinggir Batang Kuantan menuju menara-menara pandang dan jembatan kayu yang dibangun sedemikian rupa sehingga sangat membantu sekali bagi pengunjung untuk menikmati pemandangan yang cukup indah di Geopark Silokek.

Di lokasi ini juga tersedia tenda yang dapat dimanfaatkan untuk mengadakan pertemuan, toilet dan tempat sholat, warung kuliner merangkap warung kopi, pusat informasi Geopark Silokek dan tempat istirahat lainnya.

Peserta Pelatihan Pemandu Geopark Tanah Datar yang didampingi Panitia Pelaksana Renti, Eti dan Kiki, bukan hanya sekedar menikmat keindahan alam Silokek, tetapi juga memanfaatkan kesempatan arung jeram. Sebanyak dua perahu arung jeram mengangkut peserta yang punya hobi menikmati arung jeram.

“Alhamdulillah, cukup mengasyikkan juga pak, karena dikiri-kanan sungai terdapat pemandangan yang cukup indah dan mengasyikkan. Dua perahu yang ditumpangi mulai dari berangkat dan finish dekat parkir bus berjalan lancar dan aman,” kata Imel utusan dari Simawang Kecamatan Rambatan yang ikut berselancar bersama perahu arung jeram.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here