Longsor Hantam Lembah Anai, Empat Jam Padang-Padangpanjang Lumpuh Total

0
490

SABANA KABA, Tanah Datar—Sekita 4 jam hubungan Padang-Padangpanjang lumpuh total, akibat bencana alam yang menimpa kawasan Lembah Anai Jorong Aia Mancua, Nagari Singgalang, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, setelah tingginya curah hujan yang terjadi sejak Senin (20/02/2023).

BACA JUGA : Formula 1 Powerboat Digelar, 20 Kapal Patroli Disiapkan Diperairan Danau Toba

Bencana alam di kawasan lembah anai tersebut berupa meluapnya Air Terjun Lembah Anai sampai ke jalan raya dan terjadinya longsor di beberapa titik di sepanjang jalur Silaing Kering sampai ke Jembatan Kembar, Selasa (21/02/2023).

Hujan lebat tersebut juga mengakibatkan aliran air sungai batang Anai meluap dan melumpuhkan sejumlah tempat wisata pemandian disepanjang lembah Anai selain itu ada juga badan jalan yang amblas di pelebaran jalan silaing kering sehingga menimbulkan keretakan pada badan jalan akibat terkikis oleh tinggi nya debit air sore tadi.

Kapolres padang panjang AKBP Donny Bramanto,S.I.K di dampingi Kabag Ops Kompol Simamora S.H di lokasi kejadian menjelaskan, material longsor berupa tanah , batu dan pohon kayu besar mengakibatkan arus lalu lintas putus total selama beberapa jam.

Kecuali itu, evakuasi membersihkan material longsor oleh personil gabungan dari TNI, Polres padang Panjang, Brimob dan BPBD Padang Panjang di beberapa titik longsor tersebut.

“Setelah lebih dari empat jam proses evakuasi terhadap material longsor oleh tim gabungan akhirnya jalur mulai bisa di lewati dengan sistem buka tutup pada pukul 18.00 Wib,“ kata Kapolres seperti dikutip dari padangpanjang.sumbar.polri.go.id.(SK.01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here