Sempat Vakum Terimbas Covid 19, Festival Pesona Minangkabau Kembali Digelar

0
986

SABANA KABA, Tanah Datar--Event Tahunan Kabupaten Tanah Datar Luhak Nan Tuo dalam bentuk Festival Pesona Minangkabau 2021 kembali digelar di Istano Basa Pagaruyung, Sabtu (13/11/2021), setelah vakum atau sempat terhenti pada tahun 2020 akibat Pandemi Covid 19.

BACA JUGA : Ancam Pakai Parang dan Kayu Balok, Korban Laporkan Dua Pria ke Polisi

Pesta rakyat Tanah Datar ini menampilkan keanekaragaman dan kearifan lokal Budaya Adat Minangkabau dari seluruh pelosok nagari di Kabupaten Tanah Data.

Kegiatan ini secara resmi dibuka Bupati Tanah Datar Eka Putra di depan Istano Basa Pagaruyung, dihadiri Direktur Event Daerah Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Pariwisata, Ekonomi Kreatif Drs. Reza Pahlevi, Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Sumatera Barat Andri Yulika dan Wakil Bupati Richi Aprian.

Sementara Ketua DPRD Tanah Datar H. Roni Mulyadi Dt Bungsu, Forkompimda Tanah Datar, Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Ketua GOW Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian dan undangan lainnya ikut meramaikan alek masyarakat Luhak Nan Tuo tersebut.

Pada ajang event tahunan tersebut juga diserahkan piagam penghargaan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) yang diwakili oleh Senior Manager MURI Triyono, kepada Bupati Tanah Datar atas keberhasilan memecahkan rekor dunia Penari Piring terbanyak, yakni diikuti oleh kurang lebih 9.000 penari yang berasal dari pelajar dan juga TP PKK se-Tanah Datar.

Meskipun tidak menjalani rute panjang, karena hanya dari belakang Istano dan berakhir didepan Istano, namun pawai yang menampil ragam budaya dari 14 kecamatan di Kabupaten Tanah Datar. Para peserta yang menggunakan pakaian adat masing-masing cukup bangga tampil di depan undangan.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here