Wabup Tanah Datar Richi Aprian : Manfaatkan Lahan Nganggur untuk Antisipasi Kenaikan Harga

0
326

SABANA KABA, Tanah Datar—Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian minta warga Nagari Batipuah Baruah agar dapat memanfaatkan lahan menganggur untuk tanaman yang dapat membantu kebutuhan rumah tangga, mengingat banyak di temoat lain tinggal di kampung, tetapi sayur-sayuran tetap membeli.

BACA JUGA : Transaksi Sabu Disergap, Pembeli Ditangkap dan Penjual Berhasil Kabur

“Jika bapak dan ibuk telah memfaatkan lahan menganggur di sekitar rumah atau tempat tinggal, saya yakin akan dapat menahan kenaikan harga menjelang lebaran Idul Fitri 1444 H,” kata Wabup Richi Aprian ketika memberikan sambutan dalam kegiatan Tim Safari Ranadhan ke Masjid Taufiq Subang Anak Nagari Batipuah Baruah Kecamatan Batipuah, Rabu (05/04/2023).

Dikatakan, biasanya menjelang lebaran datang semua harga naik mulai dari beras, jagung, kedelai, telur sayur-sayuran dan lain-lain, tetapi jika kita memfaatkan lahan menganggur untuk tanaman yang bermanfat, setidaknya kita akan dapat memetik keuntungan dan tak pusing kepala menghadapi kenaikan harga tersebut.

“Kabupaten Tanah Datar boleh dikatakan terbesar penghasil sayur-sayuran, terbesar penghasil telur serta gudang beras untuk kebutuhan masyarakat Sumbar dan propinsi sekitarnya,” tambah Wabup Richi Aprian.

Wabup selanjutnya mengakui permasalahan pupuk bersubsidi, namun permasalan tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan pupuk organik. Ada warga beternak sapi sebanyak 27 ekor, dengan kotoran sekitar 270 Kg perhari. Bila dujadikan pupuk organik, berpotensi menghasilkan 250 s/d 200 Kg pupuk perhari.

“Jika pupuk itu dijual Rp.1.000 per Kg, maka penghasilan pengelola akan mencapai sekitar Rp.250.000,- perhari. Itu jelas penghasilannya jauh lebih besar dari gaji wakil bupati,” mencoba memotivasi jemaah masjid.

Sebelumnya Wali Nagari Batipuah Baruah Mulyadi.BJ menyampaikan permintaan maaf kepada rombongan TSR Tanah Datar yang dipimpin Wabup Richi Aprian, terutama terkait masalah makan dan minun yang kurang sempurna.

“Kami masyarakat Batipuh sangat berterima kasih sekali, karena dua kali Ramadhan, Nagari Batipuah Baruah dikunjungi lima kali Tim Ramadhan Kabupaten Tanah Datar,” kata Wali Nagari Mulyadi.BJ mengakhiri.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here