BANTU FAKIR MISKIN, BAZNAS KOTA PADANG BAGIKAN 22.000 VOUCHER

0
176

OLEH : AWALUDDIN KAHAR
(Humas Baznas Padang)

Padang, (SK)–Bulan suci Ramadhan tahun 1439 H/ tahun 2018 akan tiba. Bila melihat kalender, maka 1 Ramadhan tahun ini akan dilaksanakan pada 17 Mei 2018. Artinya tinggal menghitung hari hari lagi.

Biasanya berbagai persiapan dilakukan menanti bulan mulia. Apa lagi, Ramadhan akan berakhir dengan merayakan 1 Syawal atau Hari Raya Iedul Fitri.

Selain persiapan diri dengan menambah pengetahuan agama dan hafalan qur’an, biasanya biaya kehidupan selama kurun waktu Ramadhan cendrung meningkat.

Bulan Ramdhan sering pula disebut bulan kasih sayang. Bila sebelum bulan Ramadhan, orang sulit membantu orang lain, maka selama bulan Ramdhan kita lihat orang ga,mpang bersedekah. Mudah memberi bantuan pada si fakir dan si miskin.

Bahkan buka puasa bersama pun ramai digelar banyak kalangan dengan komunitas tertentu. Tentu sikap membantu nasib orang lain, sangatlah mulia. Diperintahkan agama kita (Islam).

Memahami kondisi tersebut, Baznas Kota Padang kembali melaksanakan kegiatan Semarak Ramdhan tahun 2018.

Kegiatan ini, sudah dilakukan Baznas Padang tahun tahun sebelumnya. Sukses. Dan sangat dinantikan warga miskin.

“Insyah Allah, tahun ini Baznas Kota Padang kembali membagikan 22 ribu voucher gratis kepada kaum dhu’afa yang berada di 11 kecamatan dalam Kota Padang,” timpal Ketua Baznas Kota Padang, Ustadz Episantoso, Selasa, 10 April 2018.

Lebih jauh ketika memimpin rapat koordinasi dengan pihak Dinas Perdagangan Kota Padang, Ustadz Episantoso menjelaskan, untuk menyediakan 22 ribu voucher dibutuhkan dana sebanyak Rp. 3,7 miliar.

Rapat koordinasi yang berlangsung hampir dua jam itu, dari Dinas Perdagangan Kota Padang hadir Asnah mewakili kepala dinas.

Sedangkan Pimpinan Baznas Padang, selain Ustadz Episantoso, hadir Wakil Ketua H. Syafriadi Autid dan Ustadz Siril Firdaus serta enam kabid atau Kabag di lingkungan Baznas Padang.

Tentang teknis pendistribusian voucher yang nanti akan ditukar para mustahik dengan kebutuhan sehari hari, jadwalnya akan dibahas lagi. Agar semakin jelas.

Pada waktunya voucher bakal ditukar dengan berad, gula, telur aya, serup, kacang tanah, minyak goreng dan kebutuhan lainnya.

Melihat suasana tahun tahun sebelumnya, pembagian voucher belanja gratis yang bernilai setiap paket Rp.150 ribu, sangat ditunggu tunggu masyarakat.

“Dalam pendistribusian voucher kita juga mengikutsertakan pengurus unit pengumpul zakat (UPZ) di Masjid dan Mushalla,” ulas Ustadz Episantoso.

Kemudian dimana tempat pembukaan dan penutupan semarak Ramdhan tahun 2018 akan diinformasikan menjelang bulan Ramadhan.

Sementara para mustahik mengaku terbantu dengan program peduli Baznas Padang ini. “Terimakasih atas perhatian Baznas Padang,” ujar Deswarni warga kuranji yang pernah mendapat voucher gratis tersebut.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here