Bencana Alam Landa Tanah Datar, Banjir Lahar Dingin Rusak Lahan Pertanian Masyarakat

0
1168

SABANA KABA, Tanah Datar—Bencana alam dalam bentuk banjir lahar dingin melanda Kabupaten Tanah Datar, Jumat (05/04/2024). Banjir tersebut membawa material seperti batu dan patahan pohon merusak lahan pertanian, rumah warga hingga melumpuhkan arus lalu lintas di beberapa titik.

BACA JUGA : Berbagi Berkah Ramadhan, Keluarga Besar Emersia Hotel Buka Bersama Anak Yatim

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM. begitu mendapat laporan ada bencana alam  disekitaran Kecamatan Lima Kaum langsung turun ke lokasi. Dilokasi tersebut, air bercampur lumpur meluap dari aliaran sungai ke sawah masyarakat sehingga merusak sebagian tanaman padi  milik masyarakat yang baru ditanam.

Kepala Daerah mengingatkan masyarakat agar selalu berhati-hati, mengingat banjir lahar dingin dari gunung Marapi ini masih berlangsung. “Sekarang saya berada di salah satu daerah yang terdampak banjir lahar dingin. Saya mohon do’a dari seluruh masyarakat, agar bencana ini cepat berlalu,” ujar Bupati Eka Putra.

Bupati Eka Putra menambahkan, jika Pemerintah Daerah selalu siap siaga dalam menghadapi segala kemungkinan yang terjadi akibat banjir lahar dingin tersebut.”Dilokasi ini, dapat dilihat beberapa sawah telah rusak akibat banjir lahar dingin. Insya allah, Pemerintah Daerah selalu siaga  untuk membantu masyarakat yang terkena musibah.” ujar Bupati Eka.

Hingga diberita ini terbitkan, Pemerintah Daerah melalui BPBD Tanah Datar terus berupaya mendata kerugian dan menangani dampak akibat banjir lahar dingin yang terjadi dibeberapa titik di Kabupaten Tanah Datar.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here