Berupaya Efisiensi, Pemkab Tanah Datar Pangkas UPT Kecamatan

0
226

Batusangkar, (SK)—Pemkab Tanah Datar terus berupaya melakukan efisiensi, baik dari segi kelembagaan maupun dari segi jabatan struktural. Sejumlah UPT (Unit Pelaksana Teknis) di Tingkat Kecamatan telah dipangkas, sesuai dengan Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) No. 12 Tahun 2017.

Demikian dikemukakan Kabag Organisasi Setda Tanah Datar Adriyanti Rustam, SE, M.Si ketika menjawab pertanyaan sabanakaba.com di ruang kerjanya Jum’at (25/5), sehubungan dengan dihapusnya sejumlah UPT di Kecamatan.

Dikatakan, UPT yang dipangkas tersebut berupa UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,pada 14 Kecamatan, UPT Dinas PUPR dan Pertanahan pada IV Wilayah danUPT Dinas Pertanian.

Khusus untuk UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dulu berada pada 14 kecamatan di Kabuten Tanah Datar, namun sekarang Kepala SMP maupun SD menjadi Kepala UPT, sementara untuk UPT Dinas PUPR dan Pertanahan hingga sekarang tidak mendapat persetujuan untuk terus ada pada IV wilayah.

Menurut Adriyanti, UPT yang sudah keluar Perbup (Peraturan Bupati)nya masing-masing Perbup No.49 tahun 2017 tentang Pembentukan UPT Satuan Pendidikan Non Formal, Perbup No.50 tahun 2017 tentang Pembentukan UPT Satuan Pendidikan SD serta Perbup No.51 tahun 2017 tentang Pembentukan UPT Satuan Pendidikan SMP pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar.

Kemudian Perbup No.52 tahun 2017 tentang Pembentukan UPT Puskesmas dan Perbup No.2 tahun 2018 tentang Pembentukan UPT Instalasi Farmasi pada Dinas Kesehatan Tanah Datar. Selanjutnya Perbup No.3 tahun 2018 tentang Pembentukan UPT Laboratorium Konstruksi dan UPT Alat Berat dan Perlengkapan Pada Dinas PUPR dan Pertanahan Tanah Datar.

Kecuali itu, Pemkab Tanah Datar juga telah menerbitkan Perbup No. 4 tahun 2018 tentang Pembentukan UPT Kebersihan dan Persampahan pada Dinas Perumahan, Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Perbup No.5 tahun 2018 tentang Pembentukan UPT Balai Latihan Kerja pada Dinas PMPTSP Naker Tanah Datar.

Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar juga memiliki sebuah UPT berdasarkan Perbup No.6 tahun 2018 tentangn Pembentukan UPT Balai Benih Ikan, Dinas Pertanian Perbup No.7 tahun 2018 tentang Pembentukan UPT Dinas Kesehatan Hewan serta Dinas Koperindag Tanah Datar Perbup No.8 tahun 2018 tentang Pembentukan UPT Pengelolaan Pasar.

“Dengan adanya pemangkasan sejumlah UPT ini, dengan sendirinya juga akan merampingkan struktur organisasi yang berada dibawah Dinas terkait, sekaligus juga dapat mengurangi pengeluaran APBD untuk belanja pegawai,” kata Adriyanti yang mantan Kabag Humas Setda Tanah Datar ini mengakhiri keterangannya.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here