Tingkatkan Mutu Pendidik, 40 Guru SLB di Tanah Datar Ikuti Pelatihan

0
1060

Batusangkar, (SK)–Sebanyak 40 orang guru Sekolah Luar Biasa (SLB) dari Tingkat Sekolah Dasar Luar Biasa ( SDLB ) dan Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa ( SMALB) mengikuti Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di SLB Negeri 1 Lima Kaum Batusangkar Kabupaten Tanah Datar, Kamis (24/05)

Ketua Gugus 3 Sekolah Luar Biasa (SLB) Sumatera Barat Iriyandi S.Pd dalam pengarahannya menyampaikan bahwa peningkatan Kompetensi Guru SLB dalam usaha Penenuhan Standar Nasional Pendidikan sangat perlu dilaksanakan bagi semua guru di Sekolah Rujukan yang ada dalam Gugus 3 Sumatera Barat.

Dalam Pemenuhan 8 Standar BNSP 4 diantaranya sangat terkait dengan Kompetensi guru di dalam kelas, yaitu Standar Kelulusan, Standar Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian.
Sedangkam 4 lainnya lebih difokuskan kepada kinerja Kepala Sekolah dalam usaha pengembangan Lembaga Pendidikan kedepan.

Oleh karena itu perlu diadakan pelatihan peningkatan mutu bagi semua guru SLB dengan tujuan utama semua keterampilan mengajar setiap guru dapat lebih meningkat dari waktu ke waktu.

Instruktur yang dipilih Dalam pelatihan peningkatan mutu guru ini berasal dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Proponsi Sumatera Barat Delviati,M.Pd. dengan materi utama adalah penyiapan administrasi guru sehubungan dengan aktivitas proses belajar mengajar didalam kelas sesuai tuntunan pelaksanaan Kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 dalam pelaksanaannya lebih mengedepankan pemahaman guru terhadap aplikasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Kompetensi Inti Religius, Sosial, Pengetahuan dan Sosial.
Selanjutnya diterjemahkan dalam proses belajar mengajar yang menyenangkan penuh krativitas dan mampu menjawab tantangan masa matang siswa yang tergambar dalam pemetaan Kompetensi Dasar dan Penilaian yang sempurna bagi pencapaian kualitas akhir pembelajaran nantinya.

Akhir dari Pelatihan Peningkatan Mutu Guru ini dituntut tagihan kepada para peserta hasil pemetaan yang sempurna sehingga tergambar bentuk tugas yang akan diselesaikan oleh guru disekolah nantinya.

Menutup pembicaraannya, Ketua Gugus 3 sekaligus Ketua Pelaksana menyampaikan bahwa selesai kegiatan semua peserta akan menikmati Buka Bersama,

Buka bersama ini diadakan sebagai wujud kebersamaan Keluarga Besar (SLB) Sekolah Luar Biasa Gugus 3 Sumatera Barat dalam memupuk Ikhuwah dan silaturrahmi bagi kebersamaan dan kekompakan dalam keluarga besar Sekolah Luar Biasa pada Bulan Suci Ramadhan tahun ini Demikian Iriyandi menutup pembicaraannya dengan sabanakaba (MIT).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here