Drs. Abrar : Kerja Keras Guru Sukseskan UNBK dan UNKP di Tanah Datar

0
313

Batusangkar, (SK)—Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Tanah Datar Drs. Abrar menyampaikan rasa hormat, bangga dan terimakasih kepada seluruh Kepala Sekolah, Guru dan seluruh Tenaga Kependidikan , termasuk peserta didik Tingkat SMP/MTS yang telah berusaha keras dalam menyelesaikan tugas dan tanggungjawab yang tinggi dalam menyukseskan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) pada Tahun ini.

Kerja keras dalam tanggungjawab yang tinggi tersebut telah membuahkan hasil yang memuaskan dan membanggakan Tanah Datar ditengah Kabupaten/Kota lain di Sumatera Barat.

Hal ini disampaikan saat sabanakaba mengkonfirmasikan kembali rilis berita Kadisbud tentang Peringkat Pertama di Propinsi Sumateta Barat yang diraih oleh Kabupaten Tanah Datar dalam UNBK dan UNKP Tingkat SMP /MTS di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan , Pagaruyung Sabtu (26/05).

Menurut Kadisbud, Hasil yang diraih pada hari ini adalah ending dari rangkaian panjang aktivitas pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh sekolah bersama orang tua siswa dan lingkungan pendidikan yang positif dan sangat mendukung aktivitas pembelajaran menuju penilaian akhir sebuah proses pembelajaran yaitu ujan nasional akhir sekolah.

Tentang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) yang baru 50% terlaksana pada tahun ini sangat bagus dan bisa dibuktikan dapat menjadi tolak ukur bagi kepercayaan publik pada pelaksana, pengawas dan peserta ujian”. Demikian ungkap Kadisbud disela kesibukan kerja lembur dihari sabtu bersama Tim USBN Sekolah Dasar yang berjibaku menyusun laporan .

Kepercayaan publik yang dimaksud adalah kondisi yang menggambarkan keraguan atas ketidakjujuran dalam pengawasan oleh penyelenggara, pengawas atau kesalahan dalam menggunakan kertas dan pinsil oleh peserta didik saat mengisi LJK.

Kondisi tersebut telah terjawab oleh Ujian Nasional Berbasis Komputer , sehingga karakter kejujuran bisa dibuktikan, kepercayaan dapat dibangun yang berujung pada kualitas kerja pendidik bersama segenap tenaga kependidikan akan lebih dapat diakui sebagai pengabdian yang ikhlas dalam membangun generasi cerdas kedepan.

Ketika disinggung tentang kelanjutan UNBK pada tahun depan Kadisbud secara tegas menyatakan bahwa mulai Tahun Pelajaran 2018/2019 UNBK akan dilaksanakan diseluruh SMP dan Madrasah di kabupaten Tanah Datar tanpa kecuali, segala persoalan yang mungkin akan muncul telah dicoba mengidentifikasi dan diprediksi mulai dari sekarang, seperti aliran listrik yang mati, jaringan internet yang tidak bagus dan jumlah perangkat komputer yang belum mencukupi.

“Semua itu akan dibantu menyelesaikannya bersama Pemerintah yang siap untuk bekerjasama dengan masyarakat dan pemerhati pendidikan tanah datar, yang penting hari ini adalah kelanjutan hari kemaren bagi kemajuan Pendidikan berbasis Ilmu dan Teknologi di kabupaten Tanah Datar,”.demikian Kadisbud, Drs. Abrar menutup pembicaraan.(MIT).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here