Gebrakan Akhir Oktober 2022, Galundi Singkarak Festival Siap Manjakan Wisatawan

0
1517

SABANA KABA, Tanah Datar—Pemerintahan Nagari dan masyarakat Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar Sumbar melakukan gebrakan akhir Oktober 2022, Galundi Singkarak Festival (GSF) ke 2 siap memanjakan pengunjung dan wisatawan dalam kegiatan Satu Event Satu Nagari tanggal Sabtu dan Minggu 29 dan 30 Oktober 2022.

BACA JUGA : Payakumbuh Membara Lagi, Satu Unit Rumah Gadang Hangus Dilalap Sijago Merah

Kepala Dinas Parpora Tanah Datar Hendri Agung Indrianto melalui Kabid Pariwisata Efrison, SE sehari usai berkunjung ke lokasi tersebut, Jum’at (21/10/2022) mengatakan, berdasarkan evaluasi kemarin panitia pelaksana Galundi Singkarak Festival boleh dikatakan sudah siap melaksanakan event yang cukup bergengsi di pinggir Danau Singkarak tersebut.

Ia menjelaskan, semangat pemuda dan masyarakat Nagari Batu Taba dalam melanjutkan event ini pantas diberikan apresiasi, mengingat dengan semangat kebersamaan kita yakin Galundi Singkarak Festival akan memberikan yang terbaik untuk akhir bulan Oktober 2022.

Menurut Kabid Efrison, pesta rakyat di Galundi, pinggiran Danau Singkarak yang indah itu, dalam wilayah Nagari Batu Taba, sejumlah atraksi seni budaya yang akan tampil, seperti kapal pesiar KM.Galundi tempat selfi, pacu biduak, silek tuo langkah ampek, peragaan batik galundi di atas air, maarak talam, makan bajamba, dan lain-lain.

Sementara itu Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Batu Taba Basrizal Dt. Pangulu Basa kepada awak media menjelaskan, GSF merupakan festival rakyat anak Nagari Batu Taba yang mengkolaborasikan, mempertemukan, dan menyatukan berbagai aktivitas kreasi seni budaya Minangkabau dengan hasil olahan pertanian, perkebunan, dan perikanan dalam satu peristiwa bersama.

“Jadi GSF diharapkan kedepannya mampu menjadi ruang pertemuan, ruang silaturahmi bagi siapapun yang datang ke acara tersebut, khususnya untuk anak Nagari Batu Taba. Ruang yang dimaksud tentu terbuka untuk umum,” jelasnya.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here