Membidik Bacaleg Pemilu 2024 Kecamatan Padang Ganting, Mungkinkah 3 Kursi Bertahan

0
1334

Oleh : Wirmas Darwis

SABANA KABA, Tanah Datar—Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) tahun 2024 tinggal hitungan bulan, sejumlah partai memang telah mencoba menggalang Bacaleg yang dinilai punya potensi untuk bisa meraih suara di pesta demokrasi tanggal 14 Februari 2024, baik berasal dari kader sendiri maupun tokoh-tokoh masyarakat yang memiliki nilai lebih.

BACA JUGA : Tanah Datar Kembali Membara, Satu Unit Rumah dan Tiga Sepeda Motor Ikut Terbakar

Kecamatan Padang Ganting pada Pemilu 2019 memperoleh 3 kursi di DPRD Tanah Datar, masing-masing Syafaruddin Dt.Simarajo dari Partai Golkar, Wadra Wati dari Partai Hanura dan Jasmadi, ST dari Partai Amanat Nasional.

Bila dilihat dari ketiga figur tersebut, Wadra Wati dan Jasmadi sudah hampir dipastikan akan ikut bertarung dalam Pileg 2024. Sementara Syafaruddin Dt.Simarajo masih merupakan tanda tanya, karena sekarang masih dalam taraf pemulihan kesehatan.

Meskipun ada dua incumben dari Kecamatan Padang Ganting, namun Bacaleg lainnya juga disebut-sebut akan menguji kemampuannya untuk meraih kursi di DPRD Tanah Datar. Dari sejumlah nama yang santer disebut ada pendatang baru Syafruddin Yap yang akan maju melalui Partai PPP dan Drs.Darisman, M.Pd. Dt.Rajo Lelo melalui Partai UMMAT.

Bacaleg lainnya yang pantas diperhitungkan adalah Defrison alias Dodoy yang pada Pileg 2019 juga sudah ikut bertarung, namun suaranya masih dibawah Jonnedi Kompol. Pada Pileg 2024, dengan semangat generasi muda, kader Partai Grindra ini juga akan mencoba meraut suara sebanyak mungkin untuk dapat duduk di kursi DPRD Tanah Datar.

Pertanyaannya sekarang, apakah Kecamatan Padang Ganting pada Pileg 2024 akan mampu mepertahan 3 kursi di DPRD Tanah Datar atau bisa menambah 1 kursi agar dua nagari di kecamatan ini sama-sama memiliki dua kursi di DPRD Tanah Datar?

Sebagai jawabannya tentu tergantung Bacaleg dan masyarakat Kecamatan Padang Ganting itu sendiri, mengingat dengan memiliki keterwakilan cukup banyak di DPRD Tanah Datar akan mendapat kue pembangunan cukup banyak pada tahun-tahun berikutnya.

Terlepas dari siapa yang akan mewakili Kecamatan Padang Ganting pada DPRD Tanah Datar, yang jelas persatuan dan kesatuan diatas segala-galanya.Dengan kata lain, untuk mendapatkan kursi di DPRD jangan sampai mengorbankan “Raso jo Pareso”, sehingga masyarakat tetap hidup berdampingan dengan rasa aman, nyaman dan tertib tanpa ada perpecahan.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here