Operasi Zebra Singgalang 2023, Ini Jenis Pelanggaran Terhadap Pengemudi dan Pengendara

0
905

SABANA KABA, Tanah Datar -Polres Tanah Datar melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Zebra Singgalang 2023, dengan upacara dipimpin langsung Kepala Kepolisian Resor Tanah Datar AKBP Derry Indra, S.I.K. di Lapangan Apel Polres Tanah Datar, Senin (04/09/2023)

BACA JUGA : Pasca Anis-Muhaimin Deklarasi, Yonnarlis Yakin PKB Tanah Datar Bisa Hasilkan 70% Suara

Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Singgalang 2023 diawali dengan pemasangan pita oleh pemimpin apel kepada masing-masing perwakilan dari Personil TNI, Polri, Sat PolPP dan Dinas Perhubungan Tanah Datar sebagai tanda dimulainya operasi.

Dalam arahannya, Kapolres Tanah Datar menyampaikan, Operasi Zebra Singgalang 2023 akan dilaksanakan selama 14 Hari kedepan mulai tanggal 4 September sampai 17 September 2023 dengan mengusung tema Kamseltibcar Lantas yang kondusif Menuju Pemilu Damai 2024.

Kapolres Tanah Datar juga menyebut, Operasi Zebra Singgalang 2023 adalah Operasi Harkamtibmas Bidang Lalu Lintas yang mengedepankan giat edukatif dan persuasif serta humanis, didukung Gakkum Lantas, secara elektronik baik statis maupun mobile dan teguran simpatik dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Adapun sasaran prioritas pelanggaran yang diutamakan dalam Operasi Zebra Singgalang 2023 yaitu, menggunakan handphone saat berkendara, pengemudi atau pengendara di bawah umur, berboncengan lebih dari 1 orang, pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi tidak gunakan Safety Belt, Pengemudi atau pengendara dalam pengaruh alkohol, pengemudi atau pengendara melawan arus lalulintas, pengemudi atau pengendara melebihi batas kecepatan berkendara”, ujar Kapolres.

Dalam penanganan ke tujuh jenis pelanggaran tersebut, lakukan secara persuasif, humanis memberikan tindakan teguran simpatik, dan atau tilang konvensional kepada pelanggar.

“Selain tindakan teguran simpatik dan tilang konvensional, juga laksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi secara masif dan simultan kepada seluruh lapisan masyarakat tentang disiplin dalam berlalu lintas sehingga tercipta masyarakat yang patuh dan tertib berlalu lintas sebagai cermin moralitas bangsa”, Jelas Kapolres.

Operasi Zebra Singgalang 2023 ini diharapkan dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan Lalu Lintas pada ruas jalan Blackspot, Trouble Spot serta dapat meminimalisir Fatalitas Korban Laka Lantas.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here