Penggelapan Sepeda Motor Kian Canggih, Modus Numpang dan Pinjam Lalu Kabur

0
1629

SABANA KABA, Pessel— Tim Opsnal Satreskrim Polres Pesisir Selatan telah menangkap dua orang pria masing-masing AN (50 tahun) dan DC (31 tahun) pada dua temoat berbeda, karena diduga telah melakukan tindak pidana “Penggelapan Sepeda Motor, dengan modus menumpang dan meminjam kendaraan korban.

BACA JUGA : Simpan Shabu 2,84 Gram, Dua Tangan Pelaku Disatukan dengan Gelang Besi

Kegiatan Upaya Paksa/Penangkapan (dua) orang Laki – laki ini diduga telah melakukan Tindak Pidana Penggelapan Sepeda motor dibeberapa tempat diwilayah hukum Polres Pesisir Selatan.

Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Pessel dibawah pimpinan Aipda Yandri Martin telah melakukan Upaya Paksa/Penangkapan seorang Laki – laki berinisial AN yang domisili di Pancung Soal, karena berdasarkan bukti permulaan yang cukup diduga keras telah melakukan Tindak Pidana Penggelapan Sepeda motor.

Kendaraan tersebut berupa 1 (satu) unit sepeda motor Honda Revo Fit dengan Nopol BA 2989 ZM yang terjadi pada hari Rabu tanggal 08 September 2021 sekira pukul 09.00 Wib bertempat di Jalan Setia Budi Painan Kec.IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan, dengan Korban/Pelapor an. Daralih Panggilan Lih.

Dari keterangan pelaku AN bahwa dia telah melakukan Penggelapan sepeda motor sesuai dengan pelaporan korban Daralih dan juga telah berulang kali melakukan penggelapan sepeda motor diwilayah hukum Polres Pesisir Selatan, dengan modus operandi berpura-pura menjadi penumpang kepada tukang ojek.

Selanjutnya pelaku berpura pura meminjam sepeda motor tukang ojek untuk membeli rokok kekedai atau membeli pulsa ke konter dan selanjutnya sepeda motor tukang ojek tersebut dibawa kabur dan dijual oleh pelaku ke beberapa orang diwilayah Pesisir Selatan serta wilayah provinsi Bengkulu.

Selanjutnya Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Pessel melakukan pengembangan terhadap pelaku yang telah membantu pelaku AN dalam memperlancar melakukan penggelapan dan penjualan sepeda motor hasil penggelapan tersebut.

Kemudian Tim Opsnal mengamankan seorang laki–laki DC, yang domisili muko-muko Rabu tanggal 22 September 2021 sekira pukul 03.00 wib bertempat di Ranah Karya Dusun Sawah Luas Kecamatan Lubuk Pinang Kabupaten Muko Muko Propinsi Bengkulu.

Pria DC tersebut berdasarkan bukti permulaan yang cukup diduga keras telah melakukan turut serta melakukan perbuatan penggelapan dan melakukan pengembangan terhadap Barang Bukti (BB) sepeda motor yang dijualnya diwilayah Lubuk Pinang Kabupaten Muko Muko Bengkulu.

Tim Opsnal untuk sementara ini dapat mengamankan 4 (empat) unit sepeda motor hasil penggelapan pelaku masing 1 (satu) unit Sepeda motor Honda Revo Fit warna hitam, 1 (satu) unit Sepeda motor Yamaha Mio Sporty warna merah, 1 (satu) unit Sepeda motor Honda Revo warna Hitam dan 1 (satu) unit Sepeda motor Honda Revo tanpa bodi.

Kasat Reskrim Polres Pessel AKP Hendra Yose, SH mengatakan, sekarang keduanya beserta barang bukti sudah diamankan Satreskrim dan para pelaku akan kami jerat dengan proses penyidikan perkara sesuai dengan Pasal 372 dan/atau 378 KUHPidana.

“Kami himbau pengojek ataupun pemilik kendaraan agar selalu berhati – hati, bila tidak kenal dengan penumpang ataupun orang tersebut berpura-pura meminjam sepeda motor,” kata Kasat Reskrim seperti dikutip dari situs resmi Polres Pesisir Selatan.(SK.01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here