PERTAMA DI SUMBAR, TANAH DATAR TERAPKAN E-MTQ PADA MTQ KE 40

0
506

Batusangkar (SK).- Kabupaten Tanah Datar akan menerapkan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) berbasis  aplikasi elektronik komputer atau E-MTQ pada penyelengaraan MTQ ke 40 tingkat Kabupaten Tanah Datar bulan Juni-Juli 2018 di Kecamatan Lintau Buo.

Untuk itu, Pemkab Tanah Datar bersama LPTQ Tanah Datar menyelenggarakan pelatihan penyiapan apilikasi dan programmer E-MTQ di aula eksekutif Kantor Bupati Tanah Datar, Kamis (19/4), diikuti 14 orang operator E-MTQ dari 14 kecamatan, 5 orang dari Kantor Kemenag Kabupaten Tanah Datar dan 3 orang dari Bagian Kesra Kantor Bupati Tanah Datar.

Pelatihan yang berlangsung sehari itu mendatangkan instruktur tenaga ahli dari Bidang Penais Kantor Kemenag Provinsi Sumatera Barat, yakni Jonifer Ara, S.HI dan Hari Setia Hadi, S.Kom. Kedua instruktur mengapresiasi kegiatan tersebut karena jika ini terlaksana maka Kabupaten Tanah Datar merupakan kabupaten/kota pertama di Sumatera Barat yang melaksanakan E-MTQ tingkat kabupaten.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar diwakili Helmi Zuldi, M.Pdi, dalam kata sambutannya juga mengapresiasi kegiatan ini dan menyatakan optimis E-MTQ ini bisa terlaksana pada MTQ ke 40 tingkat Kabupaten Tanah Datar.

Kepala Bagian Kesra Kantor Bupati Tanah Datar, H. Afrizon, S.Ag, sebagai pelaksana kegiatan menyatakan senang melihat peserta antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan ini, dan diharapkan mereka terus mengasah keterampilan setelah pelatihan.

Menjawab Sabanakaba.com di Pagaruyung, Jumat (20/4), Afrizon menjelaskan, tujuan yang ingin dicapai melalui program ini adalah terlaksananya MTQ tingkat Kabupaten Tanah Datar dengan pendataan peserta sampai pada penilaian dewan hakim yang akurat, transparan dan akuntabel.

“Insha Allah bisa kita mulai penerapannya pada MTQ ke 40 tingkat Kabupaten Tanah Datar yang akan dilakasanakan di Kecamatan Lintau Buo bulan Juni-Juli 2018,”ujarnya.

Pemkab Tanah Datar, lanjut Afrizon, menginginkan peserta MTQ ini benar-benar putra-putri penduduk Kabupaten Tanah Datar. Karena itu pada proses pendataan peserta akan diinput data peserta sesuai KTP dan KK (Kartu Keluarga). Sesuai komitmen yang dicetuskan Bupati Irdinansyah Tarmizi, Pemkab Tanah Datar sangat komit memberdayakan kafilah putra daerah sendiri sebagaimana telah dilakukan saat mengikuti MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat di Pariaman.

Sehubungan akan diterapkannya E-MTQ, Afrizon mengingatkan dewan hakim nanti harus hati-hati dan konsentrasi dalam memberikan penilaian, disisi lain peserta dan masyarakat akan lebih percaya kepada nilai yang diberikan lebih objektif, transparan dan tidak akan berubah lagi.

“Sebab nilainya langsung terprogram dan bisa diakses hasilnya langsung usai tampilnya peserta,” tukas Afrizon. (MARK).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here