Saluran Irigasi Tertimbun Longsor, Ratusan Warga Padang Ganting Berjibaku Singkirkan Tanah

0
1173

SABANA KABA, Tanah Datar—Sekitar 100 orang warga Padang Ganting Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar berjibaku singkirkan tanah timbunan di Sawah Liek Kapalo Bandar Jorong Rajo Dani, Sabtu (23/12/2023), setelah saluran irigasi yang menjadi urat nadi perekonomian masyarakat tertimbun tanah tebing yang longsor.

BACA JUGA : Rampas Kalung Emas Wanita, Dua Tersangka Diringkus Polisi di Tempat Berbeda

Wali Nagari Padang Ganting Harmansyah ketika dihubungi media ini, Minggu (24/12/2023) membenarkan, jika warga 4 jorong di Nagari Padang Ganting telah melakukan goro (gotong royong) menyingkirkan tanah longsor di saluran irigasi sepanjang 15 meter, dengan volume 50 meter kubik.

“Kegiatan goro ini dimulai sekitar jam 8.00 Wib dan berakhir sekitar jam 10.00 Wib, sehingga timbunan yang menghambat saluran air irigasi dapat disingkirkan dan air dapat mengalir kembali seperti biasa,” kata Walnag Harmansyah menambahkan.

Menurutnya, tebing tersebut longsor akibat curah hujan yang cukup tinggi di kawasan Padang Ganting akhir-akhir ini. Jika tanah yang menghambat saluran irigasi ini tidak segera disingkirkan dikhawatirkan akan dapat meruntuhkan saluran irgasi, tentu air yang menjadi kebutuhan utama untuk pengairan sawah akan terputus dalam waktu lama.

“Jika talu bandar yang runtuh atau terban pak wede, ini membutuhkan perbaikan yang cukup lama dan membutuhkan dana yang cukup besar, makanya segenab warga berjibaku untuk menyingkirkannya sesegera mungkir,” tutur wali nagari.

Lebih jauh Harmansyah mengatakan, kita merencanakan akan goro serentak secara besar-besaran, setelah padi warga Jorong Rajo Dani siap dipanen, jika dilakukan sekarang tentu akan mengganggu tanaman padi petani bersangkutan.

Ia berharap kepada Pemkab Tanah Datar melalui Dinas PUPR dan Pertanahan agar dapat membantu peralatan yang dapat mengeruk lumpur disepanjang tali bandar ini, mengingat jika dikerjakan dengan tenaga manusia akan menguras tenaga cukup banyak.

Selain Wali Nagari dan Wali Jorong juga hadir dalam goro tersebut Caleg (Calon Legislatif) DPRD Tanah Datar Defrison alias Dodoy. Caleg dari Partai Gerindra ini tidak henti-hentinya memotivasi masyarakat agar pekerjaan dapat dituntaskan sesegerakan mungkin.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here