Terkait Mobil Dinas Parpora Masuk Jurang, Kendaraan Tak Layak Pakai Lelang Saja

0
1111

SABANA KABA, Tanah Datar—Terjunnya Mobil Dinas (Mobnas) Parpora Tanah Datar di Kelok Paraku Jorong Pariangan Nagari Pariangan Kecamatan Pariangan Minggu (05/06/2022) ternyata mengundang prihatin banyak pihak, setidaknya oleh mantan anggota DPRD Tanah Datar Basrizal Dt. Penghulu Basa.

BACA JUGA : Diduga Lepas Kendali, Mobil Dinas Parpora Tanah Datar Masuk Jurang

Dari 4 kendaraan dinas di tingkat Kabid pada Dinas Parpora Tanah Datar, hanya satu yang boleh dibilang masih layak pakai, mobil Kabid Ekonomi Kreatif, sementara 3 lagi masing-masing Kabid Pariwisata dan Kabid Olahraga Toyota Kijang Kapsul serta Kabid Pemuda Suzuki Carry Futura. Naas bagi Kabid Pemuda Riswandi, Mobnas yang dikemudikannya masuk jurang.

Bidang Pariwisata merupakan Bidang yang banyak menghasilkan PAD,  Bidang yang melaksanakan PROGUL, Satu Nagari Satu Even serta Bidang yang operasional cukup tinggi, objek wisata tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Datar.

Salah seorang mantan anggota DPRD Tanah Datar Basrizal Dt.Penghulu Basa ketika dimintai tanggapannya Senin (06/06/2022) menyebut seluruh kendaraan dinas haruslah dicek kelayakan tekhnisnya secara berkala. Yang tidak layak jangan dipakai lagi dan segera dihapus sebagai aset, misalnya dijual melalui lelang.

“Bukan itu saja, termasuk yang sudah tidak efisien dari sisi pemeliharaan dan operasional. Kendaraan dinas itu fungsi utamanya untuk membantu kelancaran pelaksanaan tugas aparatur negara,” tambah Basrizal.

Tentu kita sependapat, jangan justru sebaliknya, aparatur sibuk membantu kendaraan yang rusak dan bolak balik masuk bengkel. Disamping soal besarnya biaya pemeliharaan dan terganggunya pelaksanaan tugas, faktor keselamatan aparat atau pejabat yang menggunakan juga amat perlu diperhatikan.

“Aparat itu aset yang sangat berharga, kalau terjadi musibah akibat ketidak layakan kendaraan secara tekhnis dan berakibat cacat atau meninggalnya korban tentu amat kita sesalkan. Dari pada pakai kendaraan sakit-sakit, bila diperlukan betul sebaiknya dibeli kendaraan baru saja,” tutup Basrizal Dt.Penghulu Basa.

Kepala BKD (Badan Keuangan Daerah) Tanah Datar Darfizal ketika ditemui di ruang kerjanya tidak berada ditempat. Menurut salah seorang personil Kepala BKD sedang rapat Penilaian PKK di Kantor Bupati Tanah Datar.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here