Antisipasi Bahaya Banjir Bandang, Tim BPBD Singkirkan 40 Persen Kayu Aliran Batang Sigarungguang

0
1080

SABANA KABA, Tanah Datar—Regu Satu BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Tanah Datar, TNI dan aparat terkait lainnya berhasil menyingkirkan 40 persen material berupa kayu sepanjang aliran sungai Batang Sigarungguang, Sabtu (01/06/2024), terutama untuk mengantisipasi hanyutnya kayu besar, bersama banjir bandang.

BACA JUGA : Pasca Tertangkapnya Pengelola Telegram, Polisi Temukan 398 Member Aktif Video Porno Anak

Kalaksa BPBD Tanah Datar melalui Kasi Kedaruratan Dodi Susilo ke menjelaskan bahwa Regu Satu yang dipimpinnya ini melakukan ekspedisi melibatkan 23 personil, dengan rincian 1 Dandru, 4 operator serta 18 orang merupakan anggota.

Dikatakan, tugas utama Regu Satu yang berangkat dari Batusangkar sekitar jam 8.45 Wib ini memotong kayu-kayu besar dengan ukuran potongan 50 Cm, kemudian material tersebut disingkirkan ke pinggir aliran Batang Singgarungguan yang berhulu di Nagari Talang Tangah Kecamatan Sungai Tarab.

Menjawab pertanyaan seputar kendala yang digadapi, Dodi Susilo mengatakan, cuaca exrim atau hujan di puncak merapi dan Tim Hulu Pemantauan lebih dahulu keberangkatannya dari tim operator atau tim pekerja.

“Permasalahan lainnya, kita hanya memiliki chaincow still menengah, kekurangan sefti but untuk personil keberangkatan serta kaca mata pelindung bagi operator serta tim (Sefti operator) juga sangat terbatas,” tambah Dodi Susilo.

Kecuali kacamata dan chancow still menengah, Regu juga kekurangan sepatu bot, personil, sarung tanggan operator serta helm operator.(WD)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here