Bencana Banjir Terus Melanda, Tanah Datar Ditetapkan Sebagai Daerah Tanggap Darurat

0
676

SABANA KABA, Tanah Datar – Pemkab Tanah Datar menetapkan daerah ini sebagai Daerah Tanggap Darurat, setelah Senin (08/04/2024) hampir seluruh wilayah Kabupaten Tanah Datar dilanda musibah banjir, akibat hujan lebar yang terus mengguyur Luhak Nan Tuo.

BACA JUGA : Serang Mako Polisi, Satu Orang Terduga Pelaku Penembakan Ditangkap Petugas

Penetapan tanggap darurat ini dilakukan Bupati Eka Putra berdasarkan beberapa saran yang dihimpun dalam rapat koordinasi yang dilakukan bersama Ketua DPRD, Forkopimda dan OPD terkait, Senin (08/04/2024) di gedung Indojolito Batusangkar.

“Malam ini, berdasarkan saran dan masukan dari semuanya, maka mulai hari ini kita tetapkan masa tanggap darurat selama 14 hari ke depan. Terhitung pada hari ini, Senin Pukul 22.29 WIB Saya tetapkan Kabupaten Tanah Datar sebagai daerah tanggap darurat selama 14 hari ke depan dan seluruh OPD teknis terkait untuk menyiapkan segala sesuatunya,” kata Bupati Eka Putra.

Untuk menyikapi kondisi terkini yang terjadi di wilayah Kabupaten Tanah Datar terutama banyaknya bencana alam yang terjadi, Bupati Eka Putra juga menginstruksikan terutama kepada para Wali Nagari dan Camat untuk selalu berkoordinasi dan berkomunikasi agar tidak ada informasi hoaks terjadi di masyarakat.

“Saya sampaikan agar koordinasi dan komunikasi para Wali Nagari dan Camat jangan sampai terputus. Kita lakukan ini untuk menghindari hoaks, sehingga tidak menimbulkan keresahan di masyarakat,” tegasnya.

Bupati Eka Putra juga meminta, agar seluruh OPD untuk senantiasa stanby walaupun dalam kondisi libur. “Ini tanggungjawab kita bersama, semoga apa yang kita kerjakan dengan ikhlas menjadi ladang amal bagi kita bersama,” tukasnya.

Usai menetapkan tanggap darurat untuk daerah Kabupaten Tanah Datar, Bupati Eka Putra bersama Forkopimda dan OPD terkait, Selasa dini hari (09/04/2024) langsung meninjau beberapa rumah warga dan fasilitas umum yang terdampak banjir

Selain melakukan peninjauan, pada kesempatan itu Bupati Eka Putra juga langsung menyalurkan bantuan berupa selimut dan sembako untuk warga yang rumahnya sempat terendam banjir.

“Saat ini Saya bersama Forkopimda sedang berada di nagari Baringin untuk meninjau beberapa rumah warga yang terendam banjir akibat curah hujan yang cukup tinggi dan juga air bah. Untuk itu, Saya bersama Forkopimda langsung turun ke lapangan untuk membantu masyarakat yang menjadi korban,” ujar Bupati saat berada di lapangan.

Dikesempatan itu, Bupati Eka Putra juga meminta kepada seluruh masyarakat Tanah Datar untuk mendoakan agar bencana yang menimpa wilayah Kabupaten Tanah Datar ini segera berlalu. (Prokopim/WD).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here