Buka Festival Saghibu Dulang, Bupati Eka Putra Canangkan Tanjung Barulak Nagari Jeruk Purut

0
897

SABANA KABA, Tanah Datar—Bupati Tanah Datar Eka Putra kembali membuka secara resmi Progul (Program Unggulan) Pemkab Tanah Datar Satu Nagari Satu Event, kali ini di Nagari Tanjung Barulak, Kecamatan Tanjung Emas dengan tema Festival Saghibu Dulang  di lapangan sepakbola Portab  Tanjung Barulak, Sabtu (13/04/2024).

BACA JUGA : Diduga Putus Pacaran, Seorang Remaja Ditemukan Meninggal Dunia Gantung Diri di Pohon Cengkeh

“Kerja keras yang dilakukan panitia pelaksana dan masyarakat Tanjung Barulak tanpa kenal lelah untuk menyukses Satu Nagari Satu Event sangat saya hargai sekali dan berikan apresiasi atas semuanya ini,” kata Bupati Eka Putra disambut dengan tepuk tangan oleh segenab masyarakat yang memadati lapangan sepakbola.

Dikatakan, ada kebanggaan tersendiri bagi kami, setalah menyaksikan penampilan anak nagari membawakan tari kolosal Jeruk Perut. “Saya lihat tari ini dapat ditampil cukup sempurna,  Insyaallah kita akan tampilkan nanti di Festival Pesona Minangkabau,” tutur Bupati Eka mebambahkan.

Kepala Daerah minta agar tanaman jeruk perut tetap dibudidayakan ditengah-tengah masyarakat,  sudah menjadi komoditi yang menjanjikan bagi perekonomian masyarakat Tanjung Barulak, kita akan bantu memfasilitasinya dengan Dinas terkait, semoga kedepannya kolaborasi antara pemerintahan nagari dengan pemerintahan daerah bisa berjalan dengan baik.

Dalam kesempatan Bupati Eka Putra, selain neresmikan Festival Saghibu Dulang, juga mencanangkan Tanjung Barulak sebagai Nagari Jeruk Perut di Tanah Datar.

Sementara Walinagari Tanjung Barulak Fuadil Ulum mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Bupati Tanah Datar beserta rombongan atas kehadirannya pada acara Festival Saghibu Dulang ini.

“Terimakasih bapak Bupati Eka Putra atas program unggulannya. Progul yang sama-sama kita ketahui memiliki banyak manfaat untuk masyarakat Tanah Datar dalam mengeksplor kearifan lokal segala bidang, terkhusus Nagari Tanjung Barulak, bisa memberikan manfaat yang signifikan terutama di bidang ekonomi dan adat tradisi,” papar Fuadil Ulum.

Ketua panitia pelaksana Z Mangkuto Sinari. S. Pd melapirkan, kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari,  hari pertama pembukaan yang dilangsungkan Sabtu (13/04/2024) berupa arak-arakan Saghibu Dulang, Tari Gelombang,Tari Massal Jeruk Perut dan lain-lain.

Selanjutnya hari kedua, Minggu (14/04/2024) berupa jalan santai senan massal masyarakat bersama perantau, hiburan berhadiah, pentas seni anak Nagari, kontes sepeda motor, penampilan khafilah Nagari Tanjung Barulak, penampilan nasyid MTsN 15 Tanah Datar, penampilan grup qhasidah Nagari, tabligh akbar oleh Drs. H. Ristawardi, penampilan kesenian dan permainan anak nagari dan penutupan dengan KIM.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here