Didukung Bundo Kanduang, Pangek Lapuak Warnai Arakan Festival Pesona Barulak

0
1373

SABANA KABA, Tanah Datar—Produk unggulan Pangek Lapuak yang menjadi kebanggaan masyarakat Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru mewarnai arakan Festival Pesona Barulak yang digelar sepanjang jalan dari Simpang Cocang ke Pasar Barulak, lokasi acara pembukaan, Sabtu (24/092022).

BACA JUGA : Musrenbang Batipuah Baruah Dibuka, Walnag Mulyadi BJ Hargai Kepedulian Warga

Acara yang dihadiri langsung Bupati Tanah Datar Eka Putra ini memang berlansung agak beda dengan Satu Nagari Satu Event sebelumnya, karena 250 balango Pangek Lapuak yang sudah diarak ratusan meter diserahkan kepada Pimpinan Daerah, sebagai pertanda dibukanya Festival Pesona Barulak mewakili Kecamatan Tsnjung Baru.

Bupati Eka Putra dalam kesempatan tersebut merasa sangat bahagia sekali, karena Produk Unggulan Satu Nagari Satu Event dihadiri oleh Bupati Dua Priode (2005-2010 dan 2010-2015) Ir.M.Shadiq Pasadigoe, SH, MM.

“Kanda M.Shadiq Pasadigoe ini sudah beberapa kali menghadiri Produk Unggulan Satu Nagari Satu Event, termasuk hari ini di Festival Pesona Barulak,” kata Bupati Eka Putra dengan senyum khasnya sambil melirik kepada M.Shadiq Pasadigoe.

Bupati mengatakan, pelaksanaan Satu Nagari Satu Event untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, sudah tetbukti, dengan banyak transaksi keuangan dalam setiap hingga kedelapan, dengan transaksi sebesar sekitar Rp.5,- Milyar.

Nagari Barulak salah satu unggulan pariwisata Tanah Datar, dengan potensinya masing-masing pintu gerbangnya maduk Tanah Datar, memiliki produk UMKM sangkar burung yang sudah dikenal luas, kuliner pangek ikan lapuak serta pengobatan alternatif patah tulang.

“Kemudian objek wisata Boncah Raya merupakan agro wisata yang punys potensi cukup besar untuk dikembangkan,” tutur Bupati Eka Putra.

Sebelumnya Wali Nagari Barulak Mulyadi Dt.Bandaro Bodi dalam kesempatan itu mengatakan, sebagai nagari yang berpotensi untuk kunjungan wisata, selain pangek lapuak, sangkar burung juga akan didirikan Balai Barundiang, tempat musyawarah ninik mamak.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here