Memprihatinkan, Penghuni Rutan Batusangkar Masih Didominasi Pelaku Narkoba

0
862

SABANA KABA, Tanah Datar— Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM menyerahkan remisi atau pengurangan masa tahanan dari Presiden Republik Indonesia kepada 69 orang dari 133 orang Narapidana Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Batusangkar di rutan bersangkutan, Kamis (17/08/2023), dalam rangkaian HUT RI ke 78.

BACA JUGA : Buka IVO BASOTA Cup X 2023, Bupati Minta Tingkatkan Sportifitas Bertanding

Plt. Kepala Rutan Kelas II B Batusangkar Muhammad Kameily dalam laporannya menyampaikan jika pemberian remisi ini merupakan reward bagi narapidana yang berkelakuan baik dan mematuhi segala peraturan dan mengikuti segala kegiatan di Rutan Kelas II B Batusangkar.

Dikatakannya, warga binaan Lapas Rutan Kelas II B Batusangkar telah dilakukan pembinaan kepribadian seperti tata cara shalat, baca alquran, pembinaan hukum, keterampilan seperti pelatihan pertukangan, pengelasan, kemandirian dan pembinaan hukum.

“Saat ini di rutan Batusangkar dihuni sebanyak 133 orang, napi 90 orang, tahanan 43 orang, kasus tertinggi yang dibina disini yaitu kasus narkotika yaitu sekitar 69,2 persen kedua kasus perlindungan anak 17,3 persen, kasus pencurian 9,8 persen, KDRT 1 kasus, penipuan 1 kasus, penggelapan 2 kasus. kasus dan undang-undang kesehatan 1 kasus,“ ujarnya.

Plt Kepala Rutan Kameily selanjutnya mengatakan, dari yang diusulkan 70 orang yang mendapat remisi sebanyak 69 orang, dari sekian banyak yang mendapat remisi tidak ada seorangpun yang mendapat remisi bebas.

Bupati Eka Putra ketika menyampaikan sambutan Menkum HAM RI menyebutkan, bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah pada hari ini memberikan remisi kepada 1754.510 orang Narapidana terdiri dari yang mendapat Remisi Umum I (pengurangan sebagian) sebanyak 172.904 orang dan yang mendapat Remisi Umum II yang dinyatakan langsung bebas sebanyak 2.606 orang.

Saya ucapkan selamat atas remisi tahun ini bagi seluruh warga Binaan permasyarakatan di Lapas /Rutan /LPKA seluruh indonesia. Saya berpesan, tunjukkan sikap dan perilaku yang lebih baik lagi dalam mengikuti seluruh tahapan, proses, kegiatan program binaan di masa yang akan datang,” sampainya.(WD)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here