Diguyur Hujan Lebat, Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma Tetap Buka O2SN

0
420

7Batusangkar, (SK)—Meskipun Batusangkar Kota Budaya sempat diguyur hujan lebat, namun tidak menyurutkan semangat Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma untuk membuka dengan resmi kegiatan O2SN Tingkat Kabupaten Tanah Datar di Gazebo Indo Jolito Batusangkar, Senin (9/4)

Semangat Wabup Zuldafri Darma ini dipicu oleh semangat ratusan peserta O2SN (Olympiade Olahraga Siswa Nasional)  dari 14 kecamatan di Kabupaten Tanah Datar yang tetap memadati gazebo Indo Jolito Batusangkar.Semulanya kegiatan akan dibuka di lapangan Cindua Mato, tetapi karena cuaca tidak mendukung, dipindahkan ke gazebo Indo Jolito.

Wakil Bupati Zuldafri didampingi oleh Kepala Dinas Dikbud Tanah Datar Drs.Abrar beserta jajarannnya dalam sambutannya mengatakan, kegiatan bergengsi ini tidak hanya sekedar ceremony belaka atau sekedar lomba tahunan tanpa makna, tetapi lebih dari itu sebagai pencapaian prestasi tertinggi dari evaluasi diri bagi Kepala Sekolah dan guru.

“Dengan adanya O2SN ini, kita akan tahu sampai sejauh mana pihak terkait menyiapkan para atlet semua cabang olah raga, terutama cabang lomba yang diikuti pada tahun ini yang keseluruhan cukup bergengsi.

Wakil Kepala Daerah berharap, aktivitas lomba dapat dijadikan agenda istimewa tahunan, karena pembinaan, pelatihan,penempaan dan pembekalan kepada atlet telah berlangsung jauh sebelum O2SN dilaksanakan.

Penyiapan atlet dalam program latihan yang rutin dalam jangka waktu lama akan dapat membantu pemerolehan pengalaman sebagai aplikasi latihan berbasis Karakter Budaya Bangsa dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah.

Program aplikasi latihan berbasis Karakter akan dapat membina kedisiplinan,jejujuran,sportifitas percaya diri sebagai wujud rasa cinta tanah air guna memperkuat ketahanan dan menjaga harkat dan martabat Bangsa Indonesia dimata dunia.

Sementara itu Ketua Pelaksana O2SN Kabupaten Tanah Datar Inhendri Abas, S.Pd, MM dalam laporannya menyampaikan, tahun ini cabang yang dilombakan ada lima masing-masing atletik, renang ,bulutangkis ,karate dan silat. Semua cabang itu menyebar di empat titik, renang di kolam renang sungai tarab,silat dan karate di Gazebo Indojolito,bulutangkis Di GOR serta atletik di lapangan Sungai Tarab.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memfasilitasi dan memberikan kesempatan kepada para peserta didik dan guru latih untuk dapat mengembangkan diri, terutama dalam mengenali, memahami dan mengapikasikan bakat dan potensi yang ada dalam dirinya untuk sebuah tanggungjawab berbentuk Prestasi.

“Bila jati dirinya sudah terbentuk sebagai sebuah pribadi kuat, tangguh dan teruji, maka secara tidak langsung juga terbentuk i warganegara yang mencintai diri, keluarga dan bangsanya,” kata Inhendri.

Pada bagian akhir semua panitia , semua peserta dan oficial dapat mensukseskan acara O2SN Tahun 2018 ini dalam sportivitas mengejar prestasi nasional menuju pendidikan berkarya budaya, meskipun sempat semangat juang sempat diuji dengan turunnya hujan lebat membasahi kota Batusangkar.(MIT/WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here