FLS2SN dan O2SN Sumbar Digelar, Anak Berkebutuhan Khusus Salurkan Bakat

0
858

Batusangkar, (SK)–Kegiatan FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) dan O2SN (Olympiade Olahraga Siswa Nasional) Sekolah Luar Biasa Gugus 3 Sumatera  Barat berlangsung meriah dan sukses , bertempat di SLB Negeri 1 Lima Kaum Batusangkar, Sabtu (21/4).

Kegiatan besar yang mengangkat tema ” Melalui Olah raga , Seni, Keterampilan dan Literasi Kita Tumbuhkembangkan Nilai- nilai Karakter dan Sportifitas” , dibuka langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Luar Biasa Kanwil Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Irman, S.Pd.MM yang didampingi oleh Penanggungjawab Kegiatan FLS2N dan O2SN SLB Sumateta Barat, Defiyan. S.Sos.MM.

Dalam Pengarahannya Kabid Pembina SLB Kanwil Pendidikan Sumatera Barat menyampaikan bahwa semangat berlatih berjuang dan menang dalam mengikuti ajang lomba harus dipupuk dan dipertahankan oleh semua guru  bagi peserta didiknya, sehingga keberadaan siswa sebagai peserta lomba FLS2N dan O2SN menjadi sangat berarti dan mempunyai nilai tambah tersendiri oleh setiap sekolah yang menurunkan siswanya ke ajang tahunan yang bergengsi ini.

Selanjutnya disampaikan, saat ini eksistensi dan kualitas SLB sebagai lembaga pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus semakin ditantang untuk lebih menunjukkan segala potensi dan keunggulannya dalam pemberdayaan, pembinaan dan pengembangan life skill peserta didik yang mandiri dan bertanggungjawab terhadap dirinya dimasa depan.

Pengembangan dan pembinaan serta pemberdayaan peserta didik  yang dimaksud,  sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, keterampilan dan kecerdasannya bagi percepatan tumbuhkembang segala potensi yang ada dalam diri peserta didik itu sendiri.

Lebih jauh disampaikan, bimbingan dan layanan kepada peserta didik dengan penuh kasih sayang dalam pengabdian yang tinggi bagi pengoptimalisasian bakat, minat dan kemampuan peserta didik adalah bagian yang tidak terpisahkan dari dedikasi yang sangat diharapkan oleh lembaga pendidikan Sekolah Luar Biasa.

Karena dedikasi dalam pengabdian yang dapat terukur dan dapat dipertanggungjawabkan oleh guru akan berdampak positif bagi masyarakat dan orang tua yang mempunyai anak berkebutuhan khusus( cacat fisik maupun mental) segera mempercayakan pendidikan dan pengajarannya kepada Sekolah Lua Biasa (SLB) terderkat dari tempat tinggalnya, sehingga satu tantangan hidup warga negara dapat diatasi oleh ahlinya yaitu para guru yang telah mempunyai keahlian khusus  Luar Biasa dibidangnya masing- masing.

Apalagi dengan jumlah Sekolah Luar Biasa (SLB) yangada di Sumatera Barat sebanyak 144 buah adalah potensi yang akan membuat SLB semakin diakui dan diterima oleh masyarakat , tentu saja dalam kualitas pelayanan yang semakin disempurnakan.

Pemberdayaan guru SLB melalui seleksi dan pemilihan guru berprestasi dan berdedikasi pada tahun ini juga diharapkan dapat diikuti oleh semua sekolah ditingkat gugus menuju tingkat propinsi menuju tingkat nasional

Keikutsertaan dalam ajang  seleksi dan lomba merupakan jawaban dari tantangan bagi guru Sekolah Luar Biasa (SLB) tentang keterampilan dan pengabdian tanpa pamrih sebagai pengabdi pendidikan bagi anak istimewa dan berkebutuhan khusus.

Terutama bagi guru SLB yang mempunyai kemempuan lebih untuk diakui dan dipercaya menunjukkan kemempuannya,tidak saja dibidang keterampilan mengajar dan pengelolaan peserta didik juga dalam penyusunan administrasi kelas yang menjadi tanggungjawabnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Kegiatan FLS2N dan O2SN SLB Gugus 3 Iriyandi, S.Pd, menyampaikan bahwa kegiatan lomba ini dihadiri oleh lebih dari 300 orang dari 12 SLB dalam Gugus 3 Sumatera Barat

Mereka  itu terdiri dari siswa peserta lomba, guru pendamping, kepala sekolah,pengawas sekolah dan orang tua siswa yang sangat peduli pada keberhasilan anaknya .

Diharapkan, 12 Sekolah Luar Biasa yang ada di Gugus 3 akan menjadi tokoh-tokoh kesuksesan Kegiatan FLS2N dan O2SN tingkat propinsi

Melalui lomba seni dan olimpiade ini diharapkan semangat yang tinggi dalam kejujuran dan sportifitas akan menghsilkan pemenang yang berkualitas mengharumkan nama SLB Sumatera Barat ditingkat Nasional (MIT).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here