Hadiri Alek Pacu Jawi, Arkadius Dt.Intan Bano Minta Lestarikan Kearifan Lokal

0
597

SABANA KABA, Tanah Datar–Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, H.Arkadius Dt.Intan Bano menghadiri alek Pacu Jawi di Sawah Darek Jorong Galogandang Nagari III Koto Kecamatan Rambatan, Sabtu (28/10/2023)

BACA JUGA : Asyik Menimbang Sabu, Dua Pelaku Digelandang Polisi ke Mapolres Payakumbuh

Kehadiran Anggota Dewan dari Fraksi Demokrat Provinsi Sumatera Barat ini tak lain adalah memberikan motivasi terselenggaranya kearifan lokal tersebut yang perlu dilestarikan keberadaannya.

H. Arkadius Dt.Intan Bano selanjutnya mengatakan, alek Pacu Jawi yang diselenggarakan pada setiap Nagari akan menimbulkan efek yang positif terhadap perekonomian masyarakat, baik bagi pemilik jawi atau sapi maupun bagi masyarakat setempat yang membuka warung kuliner dan lain-lain.

“Dampak yang jelas terlihat seperti meningkatnya gairah petani peternak sapi lokal untuk mengembangkan sapi-sapi unggul di daerahnya masing-masing,” kata Arkadius menambahkan.

Ia yakin, dengan bergairaihnya peternak sapi, akan dapat membantu daerah dalam stok sapi, sehingga tidak akan kekurangan stok sapi unggul dalam pengembangan generasi berikutnya.

Selanjutnya dari sektor ekonomi, alek Pacu Jawi dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Melalui produksi UMKM, seperti terutama kuliner dan berupa cenderamata yang dapat menambah pendapatan masyarakat.

“Dan yang terpenting dengan Alek Pacu Jawi ini melestarikan budaya lokal Luhak Nan Tuo. Kami sebagai Legislatif terus berupaya mendorong terhadap pengembangan dan kelestarian budaya daerah seperti Alek Pacu Jawi ini,” ungkap H.Arkadius Dt Intan Bano.

Tidak lupa H.Arkadius Dt Intan Bano menyerahkan bantuan kepada Ketua Pelaksana Acara, Dt. Anso Dirajo, demi membantu kelancaran pelaksanaan alek pacu jawi.

Acara penutupan Alek Pacu Jawi ini dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Politik,Drs. Erizanur. M.Si mewakili Bupati Tanah Datar, Eka Putra SE.MM, Ketua Porwi Tanah Datar, Aristo Dt. Indomo, Forkopinca, Walinagari III Koto, Willi Adha, S.Sy, KAN III Koto, Niniak Mamak dan Tokoh Masyarakat.(WD).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here