Hadiri Gebyar Seribu Sia, Arkadius Dt. Intan Bano Sebut Budaya Ini Perlu Dilestarikan

0
673

SABANA KABA, Tanah Datar—Anggota DPRD Sumbar Arkadius Dt.Intan Bano menilai Program Unggulan (Progul) Bupati Tanah Datar Satu Nagari Satu Event yang berbentuk Alek Nagari Seribu Sia di Atar Kecamatan Padang Ganting jelas mempunyai manfaat yang cukup besar bagi masyarakat, baik dalam bentuk hiburan maupun dalam segi peningkatan perekonomian.

BACA JUGA : Cabuli Anak Dibawah Umur, Seorang Pria Terpaksa Mendengkam di Sel Polisi

Hal tersebut dikemukakan Anggota DPRD Arkadius Dt.Intan Bano kepada awak media ketika menghadiri acara Satu Nagari Satu Event dengan Tema Gebyar Pesona Talago Biru II Alek Nagari Saribu Sia (rantang) di Talago Biru Jorong Taratak VIII Nagari Atar Kecamatan Padang Ganting, Sabtu (02/09/2023).

Dikatakan, bila dilihat dari sisi hiburan, jelas sangat menarik sekali dari masyarakat, ini dibuktikan dengan ramainya pemgunjung yang memadati sekitar acara. Sementara dari sektor ekonomi, dengan ramainya warga yang datang dan berbelanja kuliner, jelas akan terjadi lihat peningkatan pedagang kuliner dan cendra mata lainnya.

Berbicara sebagai Wakil Ketua Umum LKAAM Tanah Datar, saya cukup bangga dengan adanya Alek Nagari Saribu Sia, karena masyarakat setempat sudah ikut melestarikan budaya Minang Kabau yang semakin banyak ditinggal orang.

“Dulunya, hampir di setiap nagari kita melihat kaum ibu meneteng sia atau rantang, bila kegiatan baralek, kematian dan acara adat lainnya di nagari, tetapi sekarang kebiasaan tersebut sudah semakin langka akibat tergilas kemajuan zaman,” kata Arkadius menambahkan.

Terkait masalah Talago Biru, Legislator dari Fraksi Demokrat ini mengatakan sebagai telah menganggarkan dana Pokir untuk peningkatannnya, tetapi sayang belum bisa dicairkan karena belum maksimalnya upacara pengurusannya. Rencana dana tetap akan diluncurkan untuk tahun 2024, semoga pihak nagari dapat memanfaatkannya.

Ia juga sependapat dengan Bupati Tanah Datar, jika iatilah malam hari di Atar yang sering jadi omongan orang bila berkunjung dirobah menjadi orang mesti bermalam di Atar, dengan melengkapu sarana dan prasarananya.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here