Kadinas Dikbud Akui Pendidikan Iklusif Masih Sedikit di Tanah Datar

0
341

Batusangkar, (SK)--Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar memberikan perhatian kepada anak usia Sekolah Dasar yang mengalami kekurangan pada fisik, mental, kecerdasan dan sosial untuk dapat bersekolah disekolah umum yaitu Sekolah Dasar yang telah menyelenggarakankan Pendidikan Inklusif.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar Drs. Abrar saat dikonfirmasi tentang Sekolah Penyelenggara Inklusif mengatakan, jumlah Sekolah yang melaksanakan Pendidikan Inklusif di Kabupaten Tanah Datar masih sedikit, tetapi pada dasarnya setiap sekolah mulai dari SD hingga SMA telah menyelenggarakan Pendidikan Inklusif, namun yang sempat didata baru beberapa sekolah saja.

Menurut Kadisdikbud, pendidikan inklusif di Kabupaten Tanah Datar merupakan pendidikan seumur hidup yang lebih mengedepankan pendidikan kecakapan hidup, sehingga yang lebih penting dari penyelenggaraan pendidikan itu adalah bagaimana anak usia sekolah yang mengalami kekurangan itu dapat terlayani dengan baik sesuai kebutuhan atas kekurangan yang dimilkinya.

Dan itu telah diberdayakan oleh penyelenggara pendidikan yang betul- betul mempunyai dedikasi yang tinggi, kasih sayang yang tulus serta perhatian yang tinggi terhadap beban tugas dan tanggungjawab terhadap Anak Berkebutuhan Khusus yang ada disekitar mereka.

Saat disinggung tentang Lomba Guru Berprestasi Sekolah Penyelenggara Inklusi Tingkat Kabupaten Tanah Datar tahun ini Kadisdikbud mengatakan bahwa Kegiatan Lomba ini adalah ajang begengsi tahunan yang menjaring para guru sebagai insan pendidikan untuk dapat lebih memahami keunikan peserta didik dengan segala kekurangannya seperti tuna rungu, tuna grahita, tuna daksa, tuna aksara, lemah belajar, dan bentuk ketunaan lainnya melalui tindak nyata yang terekam dalam dokumen lisan, tulisan dan visual .

“Semua dokumen itu akan dikaji oleh tim juri dalan aktivitas Lomba, sehingga akan terlihat kematangan dan kesanggupan para peserta dalam memerankan dirinya sebagai tokoh pendidik yang mempunyai talenta lebih dari guru lain disekolahnya, dan itu sangat membanggakan saya sebagai Kepala Dinas Pendidikan”, ungkap Drs. Abrar berbinar.

Apresiasi serta rasa bangga tak terhingga saya sampaikan kepada para guru sekolah penyelenggara pendidikan inklusi kabupaten tanah datar yang menjadi peserta lomba guru berprestasi inklusi / berdedikasi tahun ini karena mereka adalah pahlawan kecerdasan bidang umum yang menguasai bidang istimewa yang belum semua guru memilikinya, demikian Drs Abrar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar menutup pembicaraan dengan sabanakaba.com.(MIT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here