Korwas Rosfairil : Seleksi Guru dan Tenaga Kependidikan Berakhir

0
356

I
Batusangkar, (SK)–Seleksi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi/Berdedikasi Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) Tingkat Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang Panjang telah selesai di laksanakan selama dua hari. Kegiatan padat ini berlangsung di SLB Negeri 1 Lima Kaum Batusangkar Kabupaten Tanah Datar tanggal 4 dan 5 Juni 2018.

Koordinator Pengawas (Korwas) Bidang SMA Kabupaten Tanah Datar Drs.Rosfairil,MM.dalam keterangannya pada sabanakaba.com mengatakan bahwa kegiatan seleksi GTK ini selain dari ketentuan dari Kementerian Pendidikan, pada intinya adalah usaha memacu semangat kerja GTK dalam pengembangan karier GTK kedepan.

Semangat kerja GTK dapat dipacu dengan selalu berkreasi terus menerus termasuk berkolaborasi dengan segala piranti dan asesoris pengembangan diri seperti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai wujud kreatifitas yang dapat dipertanggungjawabkan didepan tim juri saat seleksi berlangsung.

Tidak hanya PTK atau PTS bagi kepala sekolah, bagi pencerahan keterampilan dan kecerdasan para siswa yang mengalami keistimewaan seperti tuna rungu, tuna daksa, tuna grahita, autis dan lainnya adalah dengan berbagai bentuk Bina Karier lainnya sesuai mata pelajaran yang diampu, juga perlu ditingkatkan menuju guru cerdas.

Guru Cerdas yang akan membangun mental keterampilan dan kecerdasan dan Keimanan Anak Istimewa dalam Karakter yang baik menuju Indonesia Emas Tahun 2045 mendatang.

Salah satu langkah kongkrit yang bisa dipilih oleh GTK adalah mengikuti Seleksi Guru Berprestasi / Berdedikasi ini sebagai wujud aplikasi materi seleksi yang utama yaitu Penampilan, penguasaan materi, Kompetensi Profesional Paedagogik dan pengetahuan umum serta memahami Tupoksi dalam beban kerja guru.

Semua itu dimulai dari penyiapan diri dengan segala bentuk kelebihan yang telah diasah setiap waktu sesuai bidang tugas masing – masing ditingkat Dikdas, Dikmen maupun Kepala Sekolah.

Khusus bidang Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif, Kepala Bidang PNF Kabupaten Tanah Datar Dra.Hulmi saat ditemui menyampaikan rasa bangga dan terimakasih kepada guru peserta seleksi dari Pendidikan Dasar,

“Kesediaan dan kemauan mereka untuk menekuni pendidikan inklusif ini adalah aset SDM yang harus diberikan acungan jempol, sebab tak semua guru mempunyai kemauan dan ketetampilan untuk memberikan pelayanan kepada para siswa yang berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Umum, hanya guru Istimewa saja yang mendapatkan pengembangan karir istimewa dan itu adalah Peserta Seleksi Guru Sekolah Dasar yang telah menyelenggarakan Pendidikan Inklusi menuju guru Berdedikasi ” ungkap Kabid PNF.

seleksi GTK PSLB Tingkat Kabupaten Tanah Datar ini diikuti oleh seluruh Sekolah Luar Biasa se Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang Panjang dengan mengirimkan utusan dari tingkat Dikdas, Dikmen, Kepala Sekolah, dan Sekolah Dasar Reguler yang menyelenggarakan Pendidikan Inklusif.

Semoga hasil dari seleksi Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang Panjang ini adalah wakil Propinsi Sumatera Barat di Tingkat Nasional nantinya. (MIT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here