Legislator Wendri Aswil : Dana Pokir Sedang Diperjuangkan Rp. 1,- Milyar untuk Nagari Taluk

0
805

SABANA KABA, Tanah Datar—Anggota DPRD Tanah Datar Wendri Aswil mengatakan, sekitar Rp. 1 Milyar sedang diperjuangkan berbentuk Dana Pokir (Pokok Pikiran) dalam Perubahan APBD Tanah Datar tahun 2023 yang akan dibahas dalam persidang DPRD Tanah Datar dalam waktu dekat.

BACA JUGA : Wali Nagari Taluk Pendi Aswil : Mari Laksanakan Pilwanag dengan Suasana Kondusif

“Pada anggaran perubahan ada dana kita Rp.1,- Miliar yang belum dicairkan dan Insya Allah akan kita kondisikan untuk dibawa membangun nagari ini,” kata Legislator Wendri Aswil ketika menyampaikan pokok pikirannya dalam acara Musyawarah Nagari (Musnag) Nagari Taluk Kecamatan Lintau Buo di Los Pasar Senin Taluk, Selasa (08/08/2023).

Dikatakan, sebelumnya mungkin terjadi miss komunikasi antara anggota dewan yang sebelumnya, mungkin dana itu agak merepotkan untuk urusannya, makanya belum bisa dicairkan oleh OPD terkait. Mudah-mudahan saja dana tersebut dapat kita bahas lagi dalam Perubahan APBD Tanah Datar tahun 2023.

Kepada peserta Musnag, Wendri Aswil mengingatkan, banyak tantangan-tantangannya ke arah tahun 2024 dan selanjutnya, jadi jangan lagi kita hanya mengandalkan kebutuhan pokok semata, tetapi mari kita lihat secara umum mana hal-hal yang benar-benar dibutuhkan Nagari kita untuk pembangunan fisik dan pembangunan sumber daya.

Ia juga mengajak peserta Musnag untuk tidak terlalu mengedepan kepentingan jorong semata, tetapi mari kita melihat secara jernih kepentingan nagari. Jorong memang sangat banyak membutuhkan dana, cuman mari kita melihat keadaan keuangan nagari, sedangkan keuangan daerah kita sangat-sangat mirip dan sangat terbatas sekali.

“Kemarin kami dari Komisi I DPRD Kabupaten Tanah Datar telah mengadakan konsultasi dengan mitra kerja untuk anggaran perubahan, seluruh dinas mitra kami di Komisi I itu minus gitu, jadi harapan saya sebagai DPRD dan juga sebagai warga mengajak kita semua untuk melakukan inovasi-inovasi program-program yang bisa meningkatkan pendapatan asli daerah.

Kecuali itu kita juga perlu meningkatkan perekonomian masyarakat, sehingga perlu diketahui bersama. Tahun 2023 dapat mencairkan dana ke nagari baru sebesar Rp.275,- Juta dengan beberapa sub program, yang pertama beasiswa yang kedua pembangunan fisik untuk tahun 2023.

Kemudian, walau ada penurunan kami berhasil membawa dana pokok-pokok pikiran anggota DPRD lebih kurang sebesar Rp.100,- Juta dengan dua program untuk program UMKM dan program insentif guru TPA dan TPSA.

Ikut memberikan sambutan Wali Nagari Taluk Pendi Aswil, Camat Lintau Buo Benny Oriza, Ketua Tim I Fasilitasi Musnag Tanah Datar diwakili Epi Yendri dan utusan OPD, Forkopinca Ketua BPRN Yosep Filki, sekali gus membuka Musnag secara resmi.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here