Musnag Simabur, Walnag Zul Bahri Minta Peserta Ajukan Kebutuhan Bukan Keinginan

0
200

SABANA KABA, Tanah Datar—Wali Nagari Simabur Kecamatan Pariangan Zul Bahri minta kepada peserta Musnag (Musyawarah Nagari) Simabur untuk mengedepan kebutuhan nagari, bukan kemauan atau keinginan pribadi-pribadi, karena jika berdasarkan keinginan jelas tidak akan bisa ditampung dalam RKP 2023 dan DU RKP 2024.

BACA JUGA : Musibah Kebakaran Lagi, Rumah Nenek Nurdailis di Sungayang Dimamah Sijago Merah

Permintaan tersebut disampaikan Wali Nagari Zul Bahri, ketika memberikan sambutan dalam acara pembukaan Musyawarah Nagari Simabur di Gedung Pertemuan Kecamatan Pariangan di Simabur, Selasa (09/08/2022).

Dikatakan, usulan yang dimunculkan tidak sekedar pembangunan pisik tetapi juga pembangunan sumber daya manusia, terutama pembinaan terhadap generasi muda, mengingat dalam kondisi menyelematkan generasi muda dari kenakalan remaja, narkotika dan lain-lain harus diberikan pemahaman dan pelatihan spritual.

“Kita menyadari berdasarkan Peraturan Pemerintah, dana yang dialokasikan untuk nagari 68 persen diantaranya sudah ada petuntukannnya, tinggal lagi 32 persen yang bisa kita atur untuk pembangunan nagari,” tambah Zulbahri.

Ia menyebut, sebagai solusi untuk pengadaan dana pembangunan nagari ini kita harus budayakan Bumnag (Badan Usaha Milik Nagari), terutama untuk meningkatkan pendapatan desa atau nagari dalam memenuhi kebutuhan nagari tersebut.

“Sekarang Bumnag belum banyak membawa hasil untuk nagari, kesemuanya ini tanggung jawab kita untuk memberdayakannya. Seandainya kita mau memberdayakan Bumnag, banyak yang bisa dilakukan, salah satu diantaranya berupa pasar Simabur,” kata Walnag Zul Bahri.

Lebih jauh dikatakan, subsidi pupuk semakin berkurang untuk kabupaten Tanah Datar, mencapai 30 persen, ini disampaikan dalam Rapat Dinas Pertanian Tanah Datat. Dalam hal ini ini kita perlu memanfaatkan pupuk kandang serta pupuk lainnya yang tidak tergantung dengan subsidi pemerintah.

Ikut memberikan arahan dalam kesempatan tersebut Ketua Tim Pendamping Musnag Tanah Datar diwakili Edwar yang pada dasarnya mengajak peserta Musnag untuk berpikir cerdas dan mampu melahirkan ide-ide cemerlang untuk kemajuan Nagari Simabur kedepan.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here