Pasca Erupsi Gunung Marapi, Banjir Lahar Dingin Terjang Kabupaten Tanah Datar

0
1372

SABANA KABA, Tanah Datar –Banjir Lahar Dingin menerjang beberapa titik di Kabupaten Tanah Datar, Selasa (05/12/2023) malam, pasca erupsi Gunung Marapi di kawasan Kabupaten Tanah Datar, Agam dan Kota Padang Panjang, Minggu (03/12/2023).

BACA JUGA : Erupsi Gunung Merapi Masih Terjadi, Warga Dihimbau Kurangi Aktivitas Luar Rumah

Bupati Eka Putra, SE, MM bersama Ketua DPRD H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol CZI Sutrisno, Kapolres AKBP. Derry Indra dan beberapa Kepala OPD terkait begitu mendapat laporan, langsung turun melakukan peninjauan ke lapangan.

Beberapa titik yang ditinjau langsung malam itu diantaranya jembatan Koto Baranjak yang kondisinya hampir terban akibat derasnya air sungai, Jorong Tigo Batua Nagari Parambahan dan wilayah Kecamatan Pariangan. Bupati Eka Putra menjelaskan bahwa akibat bencana banjir ini ada beberapa fasilitas umum dan juga bangunan pribadi milik warga yang terdampak.

“Malam ini Saya bersama Ketua DPRD, Forkopimda dan jajaran sedang meninjau ke lapangan untuk melihat langsung lokasi-lokasi yang terdampak. Tadi kami temukan ada jalan yang putus akibat longsor, ada jembatan yang kondisinya hampir terban dan juga ada bengkel milik Yudi di Nagari Parambahan yang hanyut terbawa arus sungai,” terangnya.

Terkait dengan hal itu, Bupati Eka Putra juga menghimbau dan mengingatkan kepada seluruh masyarakat Tanah Datar untuk selalu waspada dan selalu berhati-hati.

“Mengingat saat ini curah hujan cukup tinggi, untuk itu Saya himbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati, terutama bagi pengguna jalan yang melewati jalur Kubu Karambia menuju Batusangkar maupun dari Ombilin menuju Batusangkar untuk selalu berhati-hati dalam mengemudi,” ujarnya..

Bupati Eka juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak gampang panik dan tidak gampang percaya dengan berita-berita bohong atau hoaks yang beredar.

Selanjutnya Hal 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here