Perantau Padang Magek Bedah Rumah, Bupati Tanah Datar Eka Putra Letakkan Batu Pertama

0
612

SABANA KABA, Tanah Datar–Bupati Tanah Datar Eka Putra meletakan batu pertama pembangunan bedah rumah layak huni dari G3AD Community dan IKPM, bagi salah seorang masyarakat Jorong Guguak Gadang, Nagari Padang Magek, Rabu (17/04/2024).

BACA JUGA : Cukur Copi Mos Agam 8-7, Duo Swarna Dharmasraya Maju ke Babak Berikutnya Jordus Cup XX

Kegiatan bedah rumah layak huni tersebut, sudah dimulai perantau Padang Magek yang tergabung pada G3AD Community dan IKPM sejak beberapa tahun lalu. Hingga saat ini, sudah ada 3 unit rumah di wilayah Padang Magek yang sudah diperbaiki dan dimanfaatkan masyarakatnya.

Bupati Eka Putra dalam kesempatan itu memberikan apresiasi kepada perantau Padang Magek yang telah ikut membangun daerah, terutama Nagari Padang Magek.”Saya sangat mendukung kegiatan bedah rumah layak huni ini, baik secara moril maupun materil.

“Insya Allah, kami mendukung kegiatan ini sepenuhnya, karena kami mengangap kegiatan ini sangat luar biasa. Mudah-mudahan akan terus terlaksana secara konsisten setiap tahunnya,” ujar Bupati Eka Putra dihadapan sejumlah perantau Padang Magek.

Sementara itu, Wali Nagari Padang Magek Syafril Jamal mengucapkan  terima kasih ke seluruh perantau Padang Magek yang terus berkomitmen dalam membangun nagarinya.”Ini yang ketiga kalinya, bedah rumah layak huni dilakukan oleh perantau, masing-masing rumah dianggarkan sebesar Rp. 80 juta,” terangnya.

Syafril Jamal menambahkan, selain bedah rumah layak huni, kegiatan perantau Padang Magek lainnya, ialah memberikan santuan bagi anak yatim sebanyak 90 orang dan pembagian zakat kurang lebih untuk 200 orang.

“Pada momentum hari raya idul fitri 1445 H ini, selain melakukan bedah rumah layak huni, perantau Padang Magek juga melakukan beberapa kegiatan sosial dikampung halamannya. Semoga apa yang dilakukan ini, diganjar pahala dari Allh SWT,” ujarnya.

Sedangjan Ketua IKPM (Ikatan Keluarga Padang Magek) Habodetabek H. Alisar, SE mengatakan kegiatan sosial dari perantau asal Padang Magek terus disinergikan dengan program pemerintah daerah maupun pemerintah nagari.

“Perantau terus berupaya mendukung program-program pemerintah daerah. Selain telah melakukan bedah rumah layak huni, kami diperantaun juga melakukan parade baju milik khas Padang Magek, sebagai wadah untuk mengenalkan potensi daerah, sembari melampiaskan rindu kami terhadap kampung halaman,” ujarnya.

Selanjutnya, ketua G3AD Eril Kusnopi mengucapkan rasa syukurnya, karena masih bisa melaksanakan program bedah rumah layak huni untuk masyakat kurang mampu dikampung halaman.”Alhamdulillah, berkat dukungan seluruh pihak, program yang telah berjalan dari beberapa tahun belakangan ini, dapat kembali terlaksana di tahun ini,” ujarnya.

Turut hadir pada saat itu, Bupati Tanah Datar Periode 2005-2015 M. Shadiq Pasadigoe, Ketua DPRD Solok Dodi Hendra, Camat Rambatan Roza Melfita, S.STP, Ketua KONI Tanah Datar Novitra Kemala niniak mamak, bundo kanduang dan tokoh masyarakat lainnya.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here