Pesta Rakyat Barulak Tampilkan Pawai Pongek Lapuak dan Tari Sangkar Burung

0
1568

SABANA KABA, Tanah Datar—Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar Propinsi Sumatera Barat bakal menampilkan Pawai Pongek Lapuak dan Tari Sangkar Burung dalam kegiatan Satu Nagari Satu Event di Pasar Barulak Sabtu dan Minggu 24 dan 25 September 2022.

BACA JUGA : Legislator Wadrawati : Harga BBM Naik, Pemkab Perlu Antisipasi Imbasnya

Tokoh masyarakat Barulak Kecamatan Tanjung Baru Zully Rustam ketika menjawab pertanyaan media ini di Pagaruyung Selasa (06/09/2022) mengatakan, kegiatan Satu Nagari Satu Event ini merupakan ajang unjuk kebolehan bagi masyarakat dalam menampilkan seni budaya, potensi kuliner dan industri kecil lainnya.

“Kalau ada orang mengatakan kegiatan Satu Nagari Satu Event dengan modal Rp.50,- juta dari Pemkab Tanah Datar buang-buang duit semata, itu sangat keliru sekali, karena banyak manfaat yang bisa diambil dalam kegiatan tersebut, termasuk peningkatam perekonomian masyarakat,” tutur Zully Rustam anggota DPRD Tanah Datar dari Fraksi PAN ini menambahkan.

Menurutnya, uang Rp.50,- juta itu hanya sebagai pancingan semata, betapa besarnya partipasi masyarakat dalam event tersebut, baik dalam bentuk sumbangan dana, swadaya serta dukungan moral lainnya, sehingga acara bisa berjalan lancar.

Khusus Satu Nagari Satu Event di Barulak yang diberi nama Festival Pesona Barulak ini akan menampilkan Pawai Adat Sepanjang Hayat dari Cocang ke Tonggak Pella, Arakan Kelompok Yasin, Pawai Pongek Lapuak, Tari Sangkar Burung, Stand UMKM, Randai dan lain-lain.

“Kita yakin Festival Pesona Barulak ini akan dikunjungi banyak orang, bukan warga Barulak atau Kecamatan Tanjung Baru semata, tetapi dari Kabupaten 50 Kota dan Kota Payakumbuh serta daerah lainnya di Sumbar akan datang di lokasi kegiatan,” tutup Zully.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here