Siapkan Usahawan Muda, UNP Padang Berikan Pelatihan Kolang-Kaling

0
1156

SABANA KABA, Tanah Datar–Universitas Negeri Padang (UNP) kembali meluncurkan Program Pembinaan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) kawasan wisata Puncak Pato Nagari Batubulek Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar sebagai program lanjutan,8 sekaligus ikut serta menyiapkan generasi muda untuk mengembangkan usaha yang mandiri dan handal.

BACA JUGA : Pesta Rakyat Barulak Tampilkan Pawai Pongek Lapuak dan Tari Sangkar Burung

Ketua Pelaksana pengabdian masyarakat FMIPA UNP Padang DR Desnita M.Si Rabu 31 Agustus 2022 ketika di jumpai media ini di Batusangkar mengatakan, program ini merupakan kegiatan pendampingan berkelanjutan sepanjang tahun dan kali ini merupakan tahun kedua, karena kegiatan ini mulaij diluncurkan pada tahun 2021 lalu terhadap dua kelompok tani wanita masing Kelompok Tani Wanita (KWT) Teratai dan KWT Talang Kuning.

Dikatakan, bentuk kegiatan berkelanjutan ini adalah melakukan pendampingan terhadap kedua kelompok tani wanita itu utuk kembali diberikan pelatihan keterampilan tentang tatacara pengolahan kolang kaling yang menjadi makanan siap saji, berikut teknogi pengemasan dan pemasaran dari nara sumber yang berasal dari FMIPA UNP Padang, katanya.

Selain itu juga diberikan bantuan peralatan sebagai modal uasaha, bantuan pengurusan PIRT dan sretifikat halal untuk produk Serling, sehingga memasuki tahun kedua ini produknya sudah memiliki merk dagang Serling (serba kolang kaling).

Bahkan berkat pelatihan dan pendampingan yang dilakukan tim Pengabdian Masyarakat FMIPA UNP Padang kedua kelompok tani wanita tersebut sudah mulai memiliki keterampilan yang memadai dan sudah menghasilkan beberapa produk yang diolah dari kolang kaling, seperti, nagaling, nasling, taling dan papaling serta mie dari kolang kaling, Coclitail kolang kaling, Wedang Bakso.

“Semua produk bahan bakunya dari kolang kaling, namun produk dari bahan lain juga tidak ketinggalan misalnya syrup buah naga,” kata DR Desnita M.Si menambahkan.

Hadir dalam pembukaan acara pelatihan dan pendampingan tersebut Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat UNP Padang DR Mawardi M.Si, Camat Lintau Buo Utara Arief Ghani, S.STP, Wali Nagari Batubulek Andi Masdar serta Kepala Jorong se Nageri Batu Bulek.

Pada kesempatan itu juga sempat dihadirkan nara sumber praktisi UMKM Sri Wahyuni sebagai pemilik usaha Rendang Mizaki dari Padang, yang secara gamblang mendengungkan motto “jangan pernah berhenti mengukir mimpi yang tinggi”, dalam menuju cita cita masa depan menuju masa depan yang cerah. (Ird)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here