Sertijab Wali Nagari Balimbiang, Camat Rambatan Beberkan Tugas yang Bakal Dilakukan

0
757

SABANA KABA, Tanah Datar—Bupati Tanah Datar Eka Putra yakin dan percaya wali nagari punya niat yang mulia untuk membangun nagari, karena erat hubungannya dengan kelancaran pembangunan di nagari, setelah menjabat sebagai wali nagari.

BACA JUGA : Arkadius Dt. Intan Bano : Wali Nagari Dituntut Bekerja Sama dalam Membangun Nagari

Hal tersebut disampaikan Bupati Eka Putra dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Camat Rambatan Roza Melfita, dalam acara Sertijab (Serah terima jabatan) Wali Nagari Balimbiang dari Pejabat Lama A.Dt.Bagindo Basa kepada Pejabat Baru Yudia Antoni di halaman SD Negeri 04 Balimbiang Kecamatan Rambatan, Senin (20/11/2023).

Dikatakan, dengan selesainya tahapan pemilihan Wali Nagari bersama-sama dengan BPRN dan agar menjaga kondisi fisik di nagari, mari rangkul kembali saudara-saudara seperjuangan Calon Wali Nagari yang lalu, agar penyelenggaraan pemerintah dapat berjalan dengan baik.

Selanjutnya, segera menyesuaikan diri dengan tempat dan jabatan baru, pahami tugas dan fungsi serta hak dan kewajiban sebagai Wali Nagari, sesuai dengan aturan dan Perda serts saat ini Pemerintah Nagari mengelola alokasi anggaran yang relatif tinggi melalui dana transfer seperti Dana Desa dari APBN dan Dana Nagari dari APBD dan Bantuan Keuangan Dana Transfer lainnya.

“Gunakanlah anggaran tersebut dengan berpedoman kepada proses perencanaan dan disertai dengan bukti pertanggungjawaban bangsa, pelajari regulasi-regulasi terkait dengan penyelenggaraan Pemerintahan Nagari,” kata Camata menambahkan.

Dingatkan, perlu saudara ketahui bahwa sebagai penyelenggaraan pemerintah kita wajib mempedomi regulasi yang berlaku, meningkatkan koordinasi dengan Camat, Kapolsek, Danramil dan lembaga yang ada di Nagari, segera melakukan koordinasi dengan jajaran Pemerintahan Nagari secara internal yaitu dengan Sekretaris Nagari maupun Perangkat Nagari atau Kepala Jorong.

Hal lain yang tak kalah pentingnya, melakukan monitoring dan rapat koordinasi dengan BPRN dan lembaga unsur serta seluruh pemangku kepentingan terkait yang ada di Nagari secara berkala, gunakanlah jabatan saudara dengan bijaksana menjalankan program-program dan kegiatan serta mensukseskan program pusat dan daerah juga bergantung pada kinerja saudara yang ada di Nagari.

Hadir dalam kesempatan tersebut Caleg DPRD Sumbar dari Partai Nasdem Nasrul.A.S.Sos, MM, Caleg PKB Tanah Datar Dapil 2 Meddianto dan sejumlah Caleg Kabupaten Tanah Datar, Ketua dan Anggota BPRN, Pengurus dan Anggota KAN, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here