Walau Eka Putra dan Allex Saputra Unggul, Masyarakat Tanah Datar Masih Dinamis Tentukan Pilihan

0
695
Direktur Eksikutif Liberte Institute Indrayadi, M.Si

7SABANA KABA, Tanah Datar–Siapa  Bupati dan Wakil Bupati yang bakal terpilih dalam Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Tanah Datar 27 Nopember 2024 masih merupakan tanda tanya, meskipun dalam survey yang dilakukan Lembaga Survey Liberte Institute dari tanggal 19 s/25 Mei 2024 masih mengunggulkan Eka Putra sebagai Bupati dan Allex Saputra sebagai Wakil Bupati.

BACA JUGA : Liberte Institute Survey Pilkada, Allex Saputra Paling Disukai Jadi Wabup Tanah Datar

Berdasarkan hasil survey yang melibatkan 1.200 responden tersebut Eka Putra dipilih 60,1 persen responden, Richi Aprian 22,8 persen responden dan Suherman 4,1 persen respinden.

Sementara untuk Wakil Bupati Allex Saputra dipilih 17,3 persen responden, Budiman Dt.Malano Garang 8,7 persen responden, Donny Karsont 6 6 persen responden dan Anton Budiman 5,9 persen responden.

“Hasil survey yang kita sampaikan ini dalam kondisi tanggal 19-25 Mei 2024 dan kemungkinan berubah pilihan responden masih tetap ada, karena masyarakat Kabupaten Tanah Datar dari dulu hingga sekarang masih cukup dinamis,” kata Direktur Eksikutif Liberte Institute kepada awak media di Batusangkar beberapa hari yang lalu.

Dijelaskan, konsisten responden terhadap pilihan Calon Bupati Tanah Datr hingga saat pemilihan ternyata menunjukkan angka persentase yang mencengangkan. Disini tergambar bahwa pemilih Tanah Datar cukup dinamis.

Sesuai dengan hasil survey yang kita lakukan, kata Indrayadi, 36,6 persen responden tetap pada pilihannya, 57,7 persen responden ada kemungkinan berubah serta 5,7 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

“Namun demikian, survey yang kita lakukan di bulan Mey lalu jelas bukan yang terakhir, karena pada bulan Agustus 2024 atau setelah Calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar mendaftar ke KPU Tanah Datar akan dilakukan kembali survey,” tutur Indrayadi.(WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here