Wartawan Senior Temu Kangen, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi Happy

0
532

Batusangkar (SK).- Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi, yang masih dalam masa pemulihan kesehatan pascaoperasi, Sabtu malam (28/4), di Gedung Indojolito Batusangkar tampak sangat happy saat berbaur selama tiga jam dengan sekitar 50 orang wartawan senior angkatan tahun 1970, 1980 dan 1990 se-Sumatera Barat-Riau yang menyelenggarakan hajatan temu kangen.


Acara yang dipandu Pinto Janir itu penuh canda, puitis, kritis cerdas. Dari guyonan dan kadang kala puitis beberapa wartawan senior menyuntikan semangat dan motivasi buat Bupati Irdinansyah agar diberi kesehatan dan kekuatan menjalankan tugas sebagai amanah rakyat Luhak Nan Tuo. Irdinansyah yang duduk didampingi Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra, dan pengurus PWI Cabang Sumatera Barat terlihat sangat menikmati kehangatan bersama wartawan senior yang selama ini telah dikenalnya.

Sejumlah wartawan senior yang hadir selama ini dikenal tidak hanya menekuni jurnalistik tetapi juga dunia sastra dan budayawan. Ikut hadir Makmur Hendrik, wartawan yang di era 1980-1990 melambung namanya berkat cerita bersambung seperti Sibungsu, Tikam Samurai, Giring-giring Perak, Banjir Darah di Pagaruyung dimana kemudian dibukukan dan terjual laris manis. Budayawan wartawan diantaranya Alwi Karmena, Syafruddin Arifin dan Pinto Janir.

Bupati Irdinansyah Tarmizi saat memberikan kata sambutan menyambut hangat reunian temu kangen wartawan senior dimana Batusangkar dipercaya menjadi tuan rumah. “Selamat datang di Kabuoaten Tanah Datar, sungguh tepat sekali temu kangen ini pertama ini diselenggarakan di Luhak Nan Tuo sebagai luhak asal mula nenek moyang Minangkabau. Saya sangat senang dan senang sekali berbaur dengan para senior,”ujarnya.

Sedangkan Ketua PWI Cabang Sumbar, Heranof, maupun mantan Ketua PWI Cabang Sumbar, Basril Basyar, dalam kata sambutan keduanya mengapresiasi Bupati Irdinansyah dan Ketua DPRD Anton Yondra yang memfasilitasi terselenggaranya acara temu kangen.

Basril Basyar mengucapkan terima kasih kepada rekan wartawan Mustafa Akmal yang meluncurkan grup WhatsApp wartawan Taragak Basuo kemudian dalam diskusi di WA bergulir keinginan menggelar acara temu kangen. Diskusi disepakati dan kemudian dieksekusi oleh “duo ketua”, Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra yang tercatat sebagai wartawan anggota PWI dan Ketua PWI Perwakilan Tanah Datar, Yusnaldi (wartawan Singgalang).

“Terima kasih dan aplaus kita berikan kepada rekan Mustafa Akmal yang melahirkan WA Taragak Basuo dan kepada rekan Anton Yondra dan Yusnaldi sebagai penyelenggara,”puji Basril Basyar.

Sementara itu Anton Yondra menjelaskan rencana temu kangen ini sempat menjadi diskusi panjang di grup WA, ada keinginan kuat penyelenggaranya Kabupaten Tanah Datar juga ada keinginan di daerah lain, akan tetapi lebih dominan diadakan di Batusangkar. Kendati demikian tetap saja tak ada ujung pangkalnya.

“Menyikapi kondisi demikian, setelah diskusi langsung dengan beberapa senior akhirnya saya pasang badan menyatakan Batusangkar siap sebagai tuan rumah temu kangen pertama ini. Sebagai penyelenggara disepakati dipercayakan kepada rekan Yusnaldi sebagai ketua dan Yuldaveri sebagai sekretaris,”ungkap Anton Yondra.

Acara ini, lanjut Anton, dapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Tanah Datar beserta Forkopimda Tanah Datar.
Temu kangen wartawan senior angkatan 1970-1980-1990 ini berlangsung Sabtu dan Minggu (28-29/4). Sepanjang hari minggu ini wartawan era mesin ketik ini berwisata ke Istano Basa Pagaruyung, Batu Angkek-angkek di Tanjuang Sungayang dan nagari terindah Pariangan Padangpanjang di Kecamatan Pariangan. (MARK/WD).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here